Kali Bekasi Dipenuhi Busa dan Muncul Bau Menyengat, Warga Terganggu

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Jumat, 01 Apr 2022 15:32 WIB
Kali Bekasi Berbusa dan Bau
Kali Bekasi Berbusa dan Bau (Fakhri/detikcom)
Bekasi -

Kali Bekasi di Jalan M Hasibuan, Kota Bekasi, dipenuhi busa putih dan disertai bau menyengat. Permukaan kali yang diduga tercemar limbah itu membuatnya menjadi seperti tertutup salju.

Pantauan detikcom pada Jumat (1/4/2022) pukul 14.23 WIB, terlihat air di Kali Bekasi berubah menjadi hitam pekat dan dipenuhi buih putih. Beberapa masyarakat yang melintas berhenti untuk melihat Kali Bekasi yang tercemar.

Kali Bekasi Berbusa dan BauKali Bekasi Berbusa dan Bau (Fakhri/detikcom)

Menurut salah seorang warga sekitar, Anjas, Kali Bekasi mulai berbuih pada pukul 10.00 WIB. Lalu pada pukul 13.00 WIB buih menjadi banyak dan hampir memenuhi sepanjang kali.

"Biasanya ini dari malam, mungkin pukul 01.00 WIB, tapi pukul 10.00 WIB, saya lihatnya sudah ada buih banyak, cuma sebanyak ini itu tadi ya pukul 13.00 WIB-an," ucap Anjas saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, kejadian seperti ini sudah sering terjadi dan tidak pernah ada solusi. Ia mengaku terganggu bau menyengat dari Kali Bekasi jika tercemar limbah.

Penjelasan Perumda Tirta Patriot

Terpisah, Asisten Manajer Humas Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Patriot, Rizky Sabilah, menuturkan pihaknya mendapat informasi Kali Bekasi tercemar pada pukul 13.00 WIB. Pihaknya sementara menutup bendungan kali.

"Dapat info tadi pukul 13.00 WIB, sementara kita masih ngolah, untuk di bendungan Kali Bekasi kita tutup dan kita minta aliran dari bendungan Palanta, cuma untuk pengolahan tidak maksimal karena air baku tidak sebesar apa yang ada di Kali Bekasi," ujar Rizky saat dihubungi detikcom.

Menurutnya, pihak Perumda Tirta Patriot sudah bertemu Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bekasi pada Rabu (30/3) untuk membicarakan pencemaran limbah. Selain itu, DLH Kota Bekasi pada Kamis (31/3) telah menurunkan tim untuk menyusuri kali.

"Kemarin sempat kita sounding hari Rabu kalau tidak salah, ke DLH. Waktu hari kemarin dia sempet nurunin tim kataknya menelusuri, cuma untuk hasil ke kitanya belum dikonfirmasi lagi," ujarnya.

detikcom sudah berusaha meminta penjelasan DLH Kota Bekasi terkait kali berbusa ini. Namun, hingga saat ini belum ada respons dari DLH Kota Bekasi.

(zap/jbr)