MUI Prihatin Ketum Baru IDI Ramai Disebut 'Kadrun' di Medsos

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 01 Apr 2022 13:43 WIB
Ketua Umum (Ketum) baru periode 2022-2025 Adib Khumaidi (Dok. Unair)
Ketua Umum (Ketum) baru periode 2022-2025 Adib Khumaidi (Foto: dok. Unair)
Jakarta -

Sosok Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) periode 2022-2025 Adib Khumaidi ramai jadi sorotan di media sosial di tengah polemik pemecatan dr Terawan Agus Putranto. Sorotan mulai jabatan di Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga dikait-kaitkan dengan sebutan 'kadrun'.

MUI prihatin dengan ramainya olok-olok di media sosial itu. Seperti diketahui, Adib Khumaidi menjabat Ketua Pelaksana Ketua Lembaga Kesehatan Majelis Ulama Indonesia (LK MUI).

"Menanggapi hal ini, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan merasa prihatin karena memasuki bulan suci Ramadan masih belum sadar untuk berhenti memperolok-olokkan saudara sebangsa setanah air. Kapan Indonesia mau maju kalau masih salah-menyalahkan, bahkan memfitnah sesama saudara sebangsa setanah air," ujar Sekjen MUI Amirsyah Tambunan saat dihubungi, Jumat (1/4/2022).

Amirsyah menyebut olokan publik terkait Adib sebenarnya tak perlu digubris. Hanya, dia mengingatkan agar semua pihak saling memaafkan di bulan suci Ramadan.

"Memasuki Ramadan 1443 H, mengingatkan pegiat medsos berhentilah dan mari kita sambut kehadiran bulan suci Ramadan saling memaafkan agar pelaksanaan ibadah puasa dengan khusyuk," tuturnya.

Rangkap Jabatan

Kemudian, Amirsyah berbicara mengenai Adib yang rangkap jabatan di IDI dan MUI. Dia menilai rangkap jabatan tidak masalah selama Adib bisa membagi waktu dengan baik.

"Terkait soal rangkap jabatan ketua umum baru yang rangkap Lembaga Kesehatan MUI (2020-2025), tidak ada masalah sepanjang dapat membagi waktu dengan baik," imbuh Amirsyah.

Diketahui, sebutan 'kadrun' terhadap Adib Khumaidi sempat ramai di media sosial. Bahkan netizen juga mempersoalkan jabatan Adib di MUI dan IDI.

Saksikan juga: Lounge In The Sky, Sensasi Makan Mewah di Langit Jakarta

[Gambas:Video 20detik]



(drg/imk)