ADVERTISEMENT

Apa Itu Hari April Mop? Ini Serba-serbi Perayaannya Setiap 1 April

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Jumat, 01 Apr 2022 11:37 WIB
Office worker wearing paper bag taking a selfie with smart phone on April foolÂ’s day
Apa Itu Hari April Mop? Ini Serba-serbi Perayaannya Setiap 1 April - ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/mediaphotos)
Jakarta -

Apa itu hari April Mop? Peringatan ini jadi sorotan pada 1 April setiap tahunnya. April Mop identik dengan perayaan prank yang dirayakan serentak di seluruh dunia.

Tak hanya sekedar candaan biasa, April Mop bahkan bisa begitu menghebohkan lantaran caranya yang tak biasa. Mulai dari prank hingga yang membuat orang-orang menganga lantaran terlanjur percaya soal kebohongan yang dilakukan pada hari itu.

Lalu apa itu hari April Mop? Ini penjelasan hingga beragam contoh April Mop yang menghebohkan.

Apa Itu Hari April Mop?

Dilansir Britannica, Hari April Mop, juga disebut Hari Semua Orang Bodoh, di sebagian besar negara dirayakan pada hari pertama bulan April. Nama April Mop disematkan lantaran kebiasaan memainkan lelucon hingga prank pada hari itu.

Saat April Mop, orang-orang seakan 'diperbolehkan' berbohong atau melontarkan lelucon kepada orang lain tanpa perlu merasa bersalah. Setelah membuat kehebohan, pelaku akan berteriak 'April Mop!' untuk menegaskan apa yang mereka sampaikan hanya untuk merayakan momen tersebut. Biasanya 'yang dikerjain' tak bisa marah lantaran memang hari itu momen April Mop.

Tradisi April Mop di Prancis-Skotlandia

Setiap negara punya cara berbeda untuk merayakan Hari April Mop. Meski begitu intinya sama, yakni membuat seseorang berpura-pura bodoh.

Seperti di Prancis, orang yang tertipu saat April Mop disebut poisson d'avril ("Ikan April"). Sebutan itu mengacu pada ikan yang mudah ditangkap. Bagi anak-anak kecil di Prancis, menempelkan ikan kertas ke punggung teman-temannya sebagai ejekan adalah hal biasa.

Di Skotlandia, April Mop disebut juga Hari Gowkie. Sebutan itu berasal dari istilah gowk yang berarti burung kukuk, yang disimbolkan untuk orang-orang bodoh.

Perayaan April Mop di Skotlandia dilakukan selama dua hari. Acara dimulai dengan hunting the gowk", di mana orang- orang akan diminta untuk melakukan perintah palsu. Di hari berikutnya, yang disebut Tailie Day, dilakukan lelucon pada bagian bokong orang lain. Misalnya dengan menjepitkan ekor palsu atau menempelkan tulisan "tendang saya" pada mereka.

Apa itu hari April Mop dan tradisi di sejumlah negara telah diketahui. Ada sejumlah perayaan April Mop yang menghebohkan di berbagai negara. Simak informasi di halaman berikut ini.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT