Pesan Menaker untuk Manajemen PT Coca Cola dan Serikat Pekerjanya

Nada Zeitalini Arani - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 18:16 WIB
Kemnaker
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Manajemen Perusahaan PT. Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh CCEP Indonesia menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) ke-5 periode 2022-2024 di Cibitung, kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (31/3/2022).

Disaksikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah penandatanganan PKB dilakukan oleh Presiden Direktur CCEP Indonesia Jorge Escudero dan Perwakilan Tim Perundingan PKB CCEP Indonesia Sri Mulyanto, Sudiyono dan Muslim Muhidin.

Dalam sambutannya Ida Fauziyah berharap momentum PKB ini menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan kemitraan yang baik antara Manajemen dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh CCEP Indonesia. Sehingga mampu mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan di perusahaan dapat tercapai dan terus terpelihara.

"Hubungan Industrial yang harmonis akan mendorong berkembangnya dunia usaha dan meningkatkan investasi, membuka lapangan kerja serta meningkatkan kehidupan yang layak dan baik bagi pekerja dan keluarganya. Tentu cita-cita tersebut dapat dibangun dari lingkup terkecil yaitu perusahaan, " kata Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis, Kamis (31/3/2022).

Menaker sangat mengapresiasi kepada Tim Perunding PKB CCEP Indonesia yang telah menyelesaikan perundingan dalam kurun waktu tak terlalu lama dan dilaksanakan secara kondusif. Ia berpesan jika dikemudian hari terdapat perbedaan pendapat atau perbedaan penafsiran terkait pelaksanaan PKB, maka hindari deadlock dan dispute, serta utamakan dialog sosial.

"Utamakan penyelesaian dengan cara kekeluargaan dengan mengutamakan win-win solution dibanding kepentingan kelompok semata, " ujarnya.

Sementara Jorge Escudero mengatakan CCEP Indonesia berkomitmen terus melindungi kesejahteraan karyawan. Kemudian juga mengedepankan hak asasi manusia melalui penyediaan pekerjaan, memberikan pelayanan kesehatan dan sosial yang memadai, serta membangun ruang kerja yang beragam dan inklusif.

Sri Mulyanto memberikan apresiasi kepada Menaker Ida Fauziyah dan jajaran Kemnaker atas dukungan penuh selama proses pembaharuan PKB ini.

"Apresiasi juga kami berikan kepada manajemen CCEP Indonesia yang selalu berkomitmen dalam membangun hubungan industrial yang kondusif di perusahaan melalui komunikasi yang efektif dengan seluruh SB/SP, " katanya.

Selain penandatanganan PKB periode 2022-2024, Menaker Ida juga menyaksikan penandatanganan Komitmen Kesetaraan Gender dan Komitmen Penerapan Pengupahan Berbasis Kinerja-Bersama Mitra, sekaligus secara simbolis melakukan kick off kompetisi futsal Kompetisi Persahabatan Tripartit Ketenagakerjaan.

(ega/ega)