Komisi VIII DPR Minta Jemaah Haji RI Diberi Layanan Kesehatan Ekstra

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 16:59 WIB
Ace Hasan Syadzily (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Ace Hasan Syadzily (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily melakukan kunjungan ke Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan di Madinah, Arab Saudi. Pimpinan Komisi VIII DPR dari Fraksi Golkar itu mengingatkan tenaga kesehatan di sana untuk siap bekerja ekstra.

"Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI harus bekerja sungguh-sungguh memastikan layanan kesehatan jemaah, karena penyelenggaraan haji tahun ini masih dalam suasana pandemi COVID-19," kata Ace dalam keterangannya, Kamis (31/3/2022).

Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Dirjen PHU Hilman Latif, Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji Anggito Abimanyu, dan para anggota Panja BPIH komisi VIII DPR RI juga ikut dalam kunjungan tersebut. Dalam kunjungannya, tim Panja BPIH Komisi VIII DPR meninjau ruang IGD, HCU, dan ruang perawatan kesehatan bagi jemaah.

Ace melihat ada sejumlah fasilitas yang perlu ditambah, seperti misalnya tempat tidur di IGD. Dia mengingatkan sebagian besar jemaah haji Indonesia lansia.

"Sebagian besar jemaah haji kita merupakan lansia dan memiliki riwayat kesehatan risiko tinggi. Perlu adanya pelayanan ekstra dalam hal kesehatan. Apalagi saat ini kita masih dalam suasana pandemi COVID-19" lanjutnya.

Ace memastikan Komisi VIII DPR mendukung penuh pelaksanaan haji 2022. Seluruh layanan kesehatan, kata Ace, juga akan didukung dengan APBN.

"Panja Haji Komisi VIII DPR RI akan memberikan sepenuhnya dukungan bagi layanan kesehatan. Bahkan semua layanan kesehatan haji ini kita berikan dukungan melalui APBN," sebut Ace.

"Kesuksesan penyelenggaraan tahun ini dilihat dari sejauh mana pemerintah dapat memberikan layanan kesehatan, selain juga tentang kemabruran jemaah," imbuhnya.

(maa/zak)