Percepat Herd Immunity, BIN-Transmedia Gelar Vaksinasi Booster bagi Karyawan

ADVERTISEMENT

Percepat Herd Immunity, BIN-Transmedia Gelar Vaksinasi Booster bagi Karyawan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 13:21 WIB
Jakarta -

Badan Intelijen Negara Daerah DKI Jakarta bekerja sama dengan Transmedia menggelar vaksinasi COVID-19 booster di lobi gedung Transmedia, Jakarta Selatan. Vaksinasi itu menyasar para karyawan Transmedia yang belum menerima vaksin dosis ketiga atau booster.

"Pada hari ini sampai besok dari Medical Intelijen BIN bekerja sama dengan Transmedia melaksanakan vaksin booster. Sasaran pada hari ini sekitar 700 orang vaksin tiga," ujar Kepala BIN Daerah (Kabinda) DKI Jakarta Mayjen TNI Purn Neno Hamriono di gedung Transmedia, Jakarta Selatan, Kamis (31/3/2022).

Neno mengatakan tujuan pelaksanaan vaksinasi itu guna mempercepat herd immunity atau kekebalan komunitas. Program vaksinasi BIN tersebut akan terus digelar hingga ada ketetapan resmi dari pemerintah untuk masuk ke fase endemi.

BIN DKI Jakarta dan Transmedia gelar vaksinasi boosterBIN DKI Jakarta dan Transmedia gelar vaksinasi booster. (Rakha/detikcom)

"Tujuannya adalah mempercepat tercapainya herd immunity di seluruh warga Indonesia. Saya kira kalau vaksin kita akan terus berlanjut sampai COVID ini benar-benar mereda, nanti kita tinggal menunggu dari pandemi kan menuju endemi. Nah, kita tinggal tunggu saja pengumuman dari pemerintah kapan ditetapkannya," ucap Neno.

Dirinya mengungkapkan BIN turut melaksanakan program vaksinasi yang bekerja sama dengan stakeholder lain, seperti TNI, Polri, dan pemerintah daerah. Vaksinasi itu sudah dilaksanakan oleh BIN sejak dua tahun lalu.

"BIN juga bekerja sama dengan yang lain, ada TNI, Polri, ada pemerintah daerah dan sebagainya, itu kami bahu-membahu untuk secepat mungkin melakukan vaksin booster kepada seluruh masyarakat kita," jelas Neno.

BIN DKI Jakarta dan Transmedia gelar vaksinasi boosterKabinda DKI Jakarta Mayjen TNI Purn Neno Hamriono (berbaju merah). (Rakha/detikcom)

Kemudian, Neno menyinggung perihal vaksin booster yang menjadi syarat mudik Lebaran tahun ini. Dia menilai masyarakat kini semakin antusias untuk dapat divaksin booster.

"Masyarakat sekarang berlomba-lomba untuk divaksin booster ini karena jadi persyaratan untuk bisa mudik itu setidaknya sudah melakukan vaksin booster. Target kami harian 16 ribu," papar Neno.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasional Transmedia Latief Harnoko menyampaikan kegiatan kolaborasi vaksinasi booster bersama BIN di gedung Transmedia itu merupakan berkah menjelang bulan Ramadan. Sebab, menurutnya, pekerja media tidak memiliki banyak waktu luang.

"Saya bilang ini berkah sebelum bulan Ramadan. Dalam arti kata pekerja media waktu terbatas dan lain-lain, jadi kita adakan di tempat adalah langkah yang strategis saya rasa dan kita bisa menikmati bersama-sama," ungkap sosok yang akrab disapa Noko ini.

BIN DKI Jakarta dan Transmedia gelar vaksinasi boosterDirektur Operasional Transmedia Latief Harnoko. (Rakha/detikcom)

Noko berkata ada 1.200 dosis vaksin booster yang disediakan selama 2 hari pelaksanaan vaksinasi itu. Dia menyebut vaksinasi itu juga terbuka bagi para keluarga karyawan Transmedia.

"Kita fokus pada lingkungan kita saja dulu. Karyawan Transmedia saja ada 6.000 kalau berikut keluarganya di Jakarta bisa 5.000 kali 4 saja bisa 20 ribu. Saya kira ini langkah tepat, hasil kolaborasi yang baik. Kalau nanti animo tinggi, kita akan diskusi lagi dengan Bapak Kabinda apakah stok masih ada," ujarnya.

(rak/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT