Jelang Event MXGP 2022, Pemprov NTB Genjot Infrastruktur

Faruq Nickyrawi - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 10:27 WIB
VALKENSWAARD, NETHERLANDS - MARCH 31:  Jorge Prado of Spain on a KTM for Red Bull KTM Factory Racing competes during the MX2 Motocross World Championship on March 31, 2019 in Valkenswaard, Netherlands. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Foto: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos
Sumbawa - Motocross Grand Prix (MXGP) seri ke-12 akan digelar di Sirkuit Samota, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 24-26 Juni 2022. Segala persiapan infrastruktur dan fasilitas kini mulai digenjot pemerintah.

"Berbagai proses persiapan dan langkah telah selesai dilakukan. Seperti persiapan lahan sirkuit dan infrastruktur pendukung di perbukitan Samota," kata Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany dalam keterangannya Kamis (31/3/2022).

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah siap melaksanakan event internasional MXGP di kawasan Samota. Dan siap mempromosikan kawasan wisata Samota di mata dunia.

"Ada delapan lokasi yang diusulkan, kawasan Samota yang dipilih karena panoramanya yang indah, dapat menyaksikan Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora," ujarnya.

Demi event ini, segala sesuatu telah dilakukan, seperti lokasi dan kawasan event telah pastikan clear and clean, sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

"Kami telah duduk bersama dengan pimpinan DPRD Kabupaten Sumbawa, memastikan lokasi tersebut aman untuk kegiatan tersebut," ucapnya.

Novy menuturkan pemda Sumbawa telah melakukan koordinasi dengan pelaku usaha, pariwisata, dan UMKM dengan menggerakkan OPD terkait untuk terus melakukan sosialisasi, tentang multiefek dari event MXGP sebagai event yang dapat menggeliatkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pemberdayaan UMKM, akomodasi, restoran, penginapan seperti homestay sudah kami siapkan dan koordinasikan dengan lima kecamatan di lingkar Samota.
Termasuk persiapan tenaga kerja lokal yang akan terlibat langsung pada event MXGP," tandas Novy.

Persiapan fasilitas dan infrastruktur pendukung, seperti bandara dan pelabuhan, juga kini tengah dibenahi.

"Bandara terus dibenahi, runway-nya akan diperlebar dan landas pacu akan diaspal lebih tebal lagi. Fasilitas pendukung transportasi laut, seperti pelabuhan terus dibenahi dan diperbaiki juga," ucapnya.

Selain itu, disampaikannya, bahwa fasilitas pendukung seperti jaringan telekomunikasi, listrik, sumber air, fasilitas kesehatan dan medis, juga dalam proses pengerjaan dan menunjukkan progres yang baik.

"Bahkan bendera negara-negara peserta MXGP Samota-Sumbawa juga telah dikibarkan dilokasi sirkuit MXGP," tutupnya.

Simak juga 'Kemenparekraf: 75,8 Persen Penonton Puas Banget Nonton MotoGP Mandalika':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)