ADVERTISEMENT

Elite PDIP Anggap Isu Jokowi 3 Periode Cuma Lucu-lucuan: Dia Nggak Mau

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 21:48 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Politikus senior PDIP Panda Nababan menyebut isu Joko Widodo (Jokowi) 3 periode sebagai lucu-lucuan saja. Panda mengatakan rakyat tidak pernah tertarik dengan isu-isu seperti 3 periode ataupun penundaan pemilu.

"Ya itu kan bagian lucu-lucu saja. Rakyat pun tak tertarik dengan itu. Coba tanya rakyat tertarik nggak dengar ini? Nggak tertarik. Apalagi big data, nggak paham dia," ujar Panda dalam program Adu Perspektif bertajuk 'Ada Apa di Balik Pesan Nonverbal Elite Politik?', seperti disiarkan detikcom, Rabu (30/3/2022).

Panda menjelaskan, Jokowi sudah menentukan sikapnya terkait isu tersebut. Menurutnya, Jokowi tidak ingin ada perpanjangan masa jabatan presiden.

"Begitu jelas Jokowi katakan sikap dia, 'jangan saya ditusuk, jangan saya dipaksa, jangan saya ditampar'. Ini sangat jelas. Apa artinya? Saya tidak mau," ucapnya.

Kemudian, Panda Nababan menyinggung ketua umum partai politik (ketum parpol) hingga menteri yang setuju dengan penundaan Pemilu 2024. Dia heran dengan akal sehat mereka masing-masing.

"Gampang dibaca. Kalau seperti Cak Imin ngomong tunda, apa yang dilakukan fraksinya di DPR atas ucapannya itu? Ada nggak? Airlangga ngomong tunda, fraksi Golkar di DPR bunyi nggak? Melaksanakan kebijakannya? Zulhas PAN ada nggak?" tutur Panda.

"Jadi sebenarnya ini mudah dibaca. Bahwa ada satu manuver yang sebenarnya gampang dijengkal. Jadi kalau kita lihat mereka katakan begitu, baru sahkan, baru diskusi 14 Februari 2024, kok tiba-tiba ngomong seenak jidat? Ini akal sehatnya gimana," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi berbicara soal teriakan 3 periode yang disampaikan warga saat dia berkunjung di daerah. Jokowi mengaku sering mendengar teriakan seperti itu.

"Yang namanya keinginan masyarakat, yang namanya teriakan-teriakan seperti itu kan sudah sering saya dengar," kata Jokowi setelah meninjau Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (30/3).

Hal itu disampaikan Jokowi terkait pertanyaan soal teriakan 3 periode dari warga yang terdengar dalam perjalanan dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) menuju Pasar Baledono di Purworejo hingga Pasar Rakyat di Magelang.

Jokowi mengaku tetap patuh pada konstitusi. Dia mengatakan konstitusi telah mengatur secara jelas pembatasan masa jabatan presiden.

"Tetapi yang jelas, konstitusi kita sudah jelas. Kita harus taat, harus patuh terhadap konstitusi, ya," ujar Jokowi.

(drg/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT