Anak Usaha Pupuk Indonesia Dukung Pengembangan Wilayah 3T Aceh-Kaltim

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 20:00 WIB
Pupuk Indonesia
Foto: dok. Pupuk Indonesia
Jakarta - Pupuk Indonesia Grup mendukung pengembangan wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Dukungan ini dilakukan melalui unit Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) di masing-masing anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero).

SVP Umum dan TJSL Pupuk Indonesia, Yana Nurahmad Haerudin menjelaskan belum lama ini pihaknya melalui anak perusahaan, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), telah menyalurkan bantuan untuk pengembangan wilayah 3T. Selain itu, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) juga melaksanakan beberapa program di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

"Kami berharap apa yang telah Pupuk Indonesia Grup lakukan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat," ungkap Yana dalam keterangan tertulis, Rabu (30/3/2022).

Adapun pengembangan wilayah 3T yang dilakukan tim TJSL PT PIM meliputi kegiatan di bidang kesehatan, yakni membantu dan memfasilitasi kegiatan sunat massal. Yana menjelaskan kegiatan ini berlokasi di Puskesmas Kecamatan Langkahan dan di desa Lubok Pusaka, Aceh.

Selain itu, lanjut Yana, PT PIM juga menyalurkan bantuan berupa dana untuk membangun unit MCK kebutuhan para santri di Dayah Bustanul Muttaqin desa Lubok Pusaka. Pihaknya juga memfasilitasi seorang guru sukarela di dusun Sarah Raja untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang sekolah menengah atas.

"Kegiatan ini tentunya bentuk kontribusi Pupuk Indonesia Grup dalam mewujudkan harapan warga pendalaman dan pengembangan wilayah 3T yang dicanangkan pemerintah pada program peduli wilayah 3T," paparnya.

Sementara itu, kegiatan yang dilaksanakan oleh Pupuk Kalimantan Timur meliputi vaksinasi booster bagi pelajar di Kota Bontang. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan perusahaan dalam mendorong tercapainya target vaksinasi nasional.

Selain itu, Pupuk Kalimantan Timur juga melakukan kegiatan peduli banjir dengan menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat terdampak di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Adapun bantuan logistik yang diberikan terdiri dari 200 karung beras isi 5 kilogram (kg), 200 ikan kaleng, 80 kardus air mineral, 50 kardus mie instan, 50 piring telur, dan 30 paket popok anak.

Menurut Yana, kegiatan yang dilaksanakan oleh Pupuk Indonesia Grup ini telah sesuai dengan amanah Kementerian BUMN. Sekaligus mengimplementasikan UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang tugas BUMN sebagai agen pembangunan.

"Pupuk Indonesia Grup selalu terbuka dan siap memberi dukungan melalui sinergi serta kolaborasi bersama pemerintah dan sebagai wujud kontribusi optimal bagi masyarakat terdampak dan masyarakat di wilayah 3T," pungkasnya. (prf/ega)