Warga Sumut Kini Bisa Bayar Pajak Kendaraan Lewat Tokopedia

ADVERTISEMENT

Warga Sumut Kini Bisa Bayar Pajak Kendaraan Lewat Tokopedia

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 18:53 WIB
Tokopedia E-Samsat
Foto: dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara meluncurkan E-Samsat. Layanan ini dibuat untuk mendorong masyarakat agar semakin taat membayar pajak.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi berharap layanan daring ini bisa mempermudah masyarakat Sumatera Utara dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

"Kunci sukses pembangunan suatu daerah salah satunya adalah ketaatan masyarakatnya dalam membayar pajak. Hadirnya Tokopedia E-Samsat diharapkan bisa mendorong ketaatan masyarakat Sumatera Utara dalam menunaikan kewajiban membayar PKB," ujar Edy dalam keterangan tertulis, Rabu (30/3/2022).

Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Tokopedia, Astri Wahyuni mengapresiasi Pemprov Sumut.

"Tokopedia sangat mengapresiasi kerja sama dengan Pemprov Sumut dalam mendigitalisasi layanan publik. Dengan ini kami juga berharap bisa mendorong ekonomi daerah," katanya.

Astri menyampaikan transaksi melalui layanan E-Samsat di Tokopedia saat ini telah naik hampir dua kali lipat selama tahun 2021 dibandingkan tahun 2020. Untuk itu, hadirnya layanan ini diharapkan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia dalam membayar pajak.

"Hal ini menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajiban pajaknya," kata Astri.

Masyarakat Sumut dapat membayar PKB dan mendapatkan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran Elektrik (E-TBPKP) yang sah. Adapun tanda ini dapat diunduh, dan dicetak sendiri.

"Pembayaran PKB menjadi lebih cepat karena proses tersebut dilakukan dalam hitungan menit di mana pun dan kapan pun lewat Tokopedia. Cukup dengan mengetik E-Samsat di kolom pencarian Tokopedia, kemudian pilih Samsat Sumut dan masukkan Nomor Polisi, Nomor Mesin serta NIK," jelasnya.

Astri menjelaskan masyarakat dapat memperoleh kode pembayaran PKB melalui aplikasi Mobile e-SAMSAT Sumut Bermartabat, sebelum bertransaksi melalui Tokopedia E-Samsat. Selanjutnya, masyarakat cukup klik 'Cek Tagihan' dan pilih metode pembayaran yang diinginkan. Adapun Tokopedia menyediakan lebih dari 50 opsi pembayaran, termasuk cicilan, transfer bank, uang elektronik dan masih banyak lainnya.

Layanan ini tidak ada batas nominal transaksi tunggal sehingga masyarakat dapat tetap dapat membayar pajak berapa pun besar nilainya.

Sebagai informasi, saat ini, layanan Tokopedia E-Samsat telah hadir di berbagai wilayah Indonesia, antara lain Kepulauan Riau, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Kalimantan Timur. Jumlah wilayah ini akan terus bertambah ke depannya.

(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT