Menerka Musabab Munculnya Isu M Taufik Gerindra Loncat ke NasDem

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 18:32 WIB
M. Taufik mengatakan kampanye terbuka ini akan diawali dengan salat Subuh berjemaah.
M Taufik (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Isu Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra M Taufik pindah ke Partai NasDem berembus kencang. Apa penyebabnya? Begini analisis Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno.

Analisis Adi, mulai terlihat ada perbedaan mazhab politik antara Taufik dan Gerindra terkait dukungan capres. Adi menyebut perbedaan tersebut muncul karena Taufik mendukung Gubernur DKI Anies Baswedan.

"Taufik sempat mendoakan Anies jadi presiden. Sementara Gerindra seribu persen dukung full Prabowo maju," kata Adi kepada wartawan, Rabu (30/3/2022).

"Tentu pernyataan Taufik membuat situasi politik internal Gerindra tak kondusif karena sejauh ini Gerindra tegak lurus ke Prabowo, bukan Anies yang bukan kader partai," imbuh dia.

Adi menilai partai-partai di Indonesia pada umumnya berlaku 'hukum besi'. Artinya, jika ada kader tak patuh atas instruksi partai pasti dipecat.

"Itu realitas politik di partai, tak bisa normatif dan ilmiah. Bahkan ada dugaan manuver Taufik juga bagian upaya menggalang HMI connection dukung Anies," ujarnya.

Lebih jauh Adi melihat kepindahan M Taufik akan berdampak besar jika benar-benar terjadi. M Taufik, sebut dia, juga mengorbankan banyak hal.

"Banyak hal yang dipertaruhkan M Taufik kalau benar keluar Gerindra hanya karena ingin dukung Anies maju pilpres. Tapi itulah politik," imbuhnya.

Simak pernyataan Taufik soal isunya loncat ke NasDem.

Lihat Video: M Taufik Dikabarkan Pindah ke NasDem, Gerindra: Nggak Berguna Juga Dia

[Gambas:Video 20detik]