Ketum PAN Tak Pusingkan Reshuffle: Kita Kerja Bantu Pemerintah

Gibran Maulana - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 15:57 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Magelang, Rabu (2/3/2022).
Zulkifli Hasan PAN (Eko Susanto/detikJateng)
Jakarta -

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku tidak memusingkan isu reshuffle kabinet yang kabarnya untuk mengakomodir partai berlambang matahari putih itu. Zulhas, sapaannya, memilih berkeliling Solo Raya, Jawa Tengah, dan bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

"Saya tidak pusing. Itu hak presiden. Yang jelas saya pesankan kepada kader PAN di daerah untuk bekerja membantu pemerintah, kolaborasi, kita sedang menghadapi situasi bangsa yang tidak mudah," kata Zulhas dalam keterangan tertulis, Rabu (30/3/2022).

Zulhas mengaku sudah 4 hari berada di Solo Raya. Dia berkeliling ke Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, Purworejo, Klaten, Wonogiri, hingga Karanganyar. Zulhas juga menemui pimpinan daerah Muhammadiyah (PDM) setempat, ormas-ormas Islam dan sejumlah pondok pesantren.

"Konsolidasi PAN, menggerakkan mesin partai," kata Zulhas.

Pada Senin (28/3), Zulhas bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Zulhas bercerita menikmati soto dan tengkleng dan menyampaikan sejumlah pesan kepada Gibran.

Kembali ke isu reshuffle di mana PAN dikabarkan mendapat posisi menteri dan wakil menteri, Zulhas kembali menegaskan dirinya tak terlalu pusing meski isu itu hingga kini belum terwujud. Zulhas mengaku ingin menguatkan PAN, khususnya di Jawa Tengah.

"Yang jelas sekarang saya fokus konsolidasi PAN di Jateng. Jateng harus bangkit. Kerja-kerja politik harus dilakukan. Ganti mindset dari konfrontasi ke kolaborasi. Bangsa ini akan besar kalau seluruh elemen bangsa bekerja sama untuk kebaikan bersama," katanya.

(gbr/gbr)