ADVERTISEMENT

Barang dari Pebalap MotoGP Dilelang, Kemenkeu: Bukan yang Diterima Penonton

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 13:45 WIB
MotoGP Mandalika
MotoGP Mandalika (Foto: dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan melelang barang-barang yang diberikan oleh pebalap MotoGP saat balapan di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Barang-barang pemberian pebalap ke penonton dipastikan tidak akan ikut dilelang.

Kabar soal lelang ini awalnya disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Nusa Tenggara Barat (NTB) Sudarmanto. Lelang akan dilakukan pada 18-20 Maret 2022.

Barang yang akan dilelang sebanyak 11 barang, yang merupakan pemberian dari para pebalap. Barang tersebut telah tersimpan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram.

Barang-barang tersebut bakal dilelang bersamaan dengan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kami sedang merencanakan dengan matang karena itu barang langka, ada baju pebalap MotoGP yang ditandatangani, ada topi, sarung tangan, dan helm," kata Sudarmanto seperti dilansir Antara, Rabu (30/3/2022).

Proses lelang akan dilakukan secara nasional sehingga semua orang bisa menawar. Masyarakat yang ingin mendapatkan barang pemberian pebalap tersebut bisa mendaftarkan diri di KPKNL Mataram.

KPKNL Mataram dibantu oleh tim ahli penaksir dari berbagai asosiasi, seperti Ikatan Motor Indonesia (IMI). IMI dan lainnya dianggap paham nilai barang-barang otomotif yang dipakai oleh para pebalap ternama.

"Nanti ada harga terendah yang ditetapkan karena barang-barang itu harganya tak terhingga walaupun harga spidolnya Rp 5.000, tapi yang mencoret pebalap terkenal," ujarnya.

Penjelasan Kemenkeu

Kabar soal lelang barang dari pebalap MotoGP ini lalu ramai di media sosial. Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo lalu meluruskan informasi yang beredar.

Yustinus Prastowo menjelaskan di akun Twitternya bahwa barang yang dilelang bukanlah barang yang diberikan pebalap kepada penonton MotoGP Mandalika. Barang itu diberikan pebalap kepada Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

"Barang yang akan dilelang @DitjenKN adalah merchandise pemberian pembalap ke ITDC, MGPA, dan Kemenkeu untuk tujuan amal, bukan barang-barang dari pembalap yang diberikan ke penonton. Jadi barang yang diterima penonton tetap jadi milik masing-masing dan tidak ada kaitan dengan lelang," katanya.

"Merchandise yang akan dilelang terdiri dari kaos, baju, topi dan sarung tangan. Kaos dan kemeja ditandatangani oleh tiga pebalap yaitu Marc Marquez, Pol Espargaro dan Miguel Oliveira. Marc Marquez juga menyumbangkan topi dan Maverick Vinales menyumbangkan topi serta sarung tangan," sambung Prastowo.

(aik/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT