ADVERTISEMENT

Cerita Megawati Panggil Mensos Risma karena Ngamuk Saat Banjir di NTT

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 13:20 WIB
Megawati Soekarnoputri
Megawati (Foto: Tangkapan layar YouTube BMKG)
Jakarta -

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bercerita sempat memanggil Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) karena marah-marah mengenai penanganan banjir di Nusa Tenggara Timur. Megawati memanggil Risma untuk mendengarkan penjelasan.

Hal itu disampaikan Megawati saat memberikan sambutan pada acara peringatan Hari Meteorologi Dunia ke-72 yang disiarkan di channel YouTube BMKG. Megawati awalnya menanyakan apa yang dilakukan kepala daerah untuk melakukan pencegahan dini bencana.

"Saya ingin deh sharing apa yang akan kalian lakukan kepala daerah, kepala daerah, coba. Ketika di NTT terjadi, sampai yang saya panggil yang namanya Mbak Risma, kamu kok ngamuk-ngamuk?" kata Megawati, Rabu (30/3/2022).

Megawati pun memaparkan penjelasan Risma. Dia menyebut Risma marah hingga membawa bantuan langsung ke warga.

"'Gimana saya nggak ngamuk-ngamuk, Bu. Saya memang orang tukang ngamuk, coba Ibu dengarkan dari sisi saya'. Ya oke saya dengarkanlah. 'Saya coba telepon namanya bupatinya nggak ada melulu, ke mana dia, sampai siapa saja yang bisa sebagai akses ke bupati. Setelah saya jengkel, saya bawa sendiri bantuan sekalian saya ngamuk-ngamuk'. 'Oh itu toh kamu ngamuk-ngamuk, nggak apa-apa'," kata Megawati menirukan percakapannya dengan Risma.

Megawati lalu mengingatkan soal bantuan bencana alam harus segera diberikan kepada warga yang membutuhkan. Dia menekankan bahwa bencana alam sebuah kejadian yang luar biasa sehingga perlu ditangani secara cepat.

"Sori ya, sori banget, kalau saya disuruh ngomong ini dengan hati loh, kamu apa nggak punya hati ya? Nah gitu aja, maaf saya mungkin karena lebih tua. Ngomong, ngomong terus saja terus piye, urusan bantuan saja nggak disegerakan. Ini tadi saya bilang, ini sebuah peristiwa force majeure, dipaksakan terjadi, jadi nggak ada, oh harus...," katanya.

Lihat juga video saat 'Sungai Citarum Meluap, Ribuan KK Terdampak Banjir Baleendah':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT