ADVERTISEMENT

Gandeng Tokopedia, Dekranasda DKI Resmikan Toko JakArtisan di Jakarta

Dea Duta Aulia - detikNews
Selasa, 29 Mar 2022 19:35 WIB
Gandeng Tokopedia, Dekranasda Resmikan Toko JakArtisan di Jakarta
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta menggandeng Tokopedia untuk meresmikan Toko JakArtisan by Dekranasda DKI Jakarta. Peluncuran yang dilakukan di Tokopedia Play ini bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM agar beradaptasi dengan dunia digital.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua Dekranasda DKI Jakarta Fery Farhati, Direktur Kebijakan Publik & Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni, serta perwakilan perajin seperti Pemilik Usaha Tioria By Caramia Thekla Odelia Caramia dan Pemilik Usaha Poes Craft Ratih Puspitawati.

"Harapannya bahwa Toko JakArtisan ini terus berkembang, produknya semakin banyak, perajin yang bergabung juga semakin banyak, tentunya dengan kualitas yang bagus," ujar Fery Farhati dalam keterangan tertulis, Selasa (29/3/2022).

Fery Farhati mengatakan pelaku UMKM harus bisa beradaptasi agar mampu menjawab berbagai tantangan di masa depan. Salah satu wujud dari adaptasi tersebut dengan memanfaatkan sistem digital. Dengan begitu maka pelaku UMKM dapat lebih melebarkan bisnisnya dan menjangkau konsumen dari berbagai daerah.

"Kemudian (pesan) untuk para perajin, saya ingin menyampaikan bahwa ini (adalah) masa depan, ini kehidupan kita seterusnya, bahwa penjualan (secara) digital, semua serba digital, maka kita harus berubah dan harus mau menyesuaikan diri. Pandemi yang memaksa kita untuk kemudian berubah dalam waktu singkat, yang tadinya nggak bisa pegang komputer, jadi harus belajar komputer," jelasnya.

Tak hanya itu, dia turut berpesan para pelaku UMKM perlu mengemas produk mereka agar lebih menarik para konsumen. Serta para pelaku UMKM jangan pernah berhenti untuk terus berinovasi agar mampu bersaing di dunia digital.

"Yang tadinya nggak bisa motret, harus belajar cara memotret yang benar. Harapannya untuk para perajin, terus berkembang dan berinovasi, buat karya-karya yang terus bergulir," katanya.

Ia menambahkan Toko JakArtisan by Dekranasda DKI Jakarta akan diisi oleh sejumlah produk UMKM. Produknya pun beragam mulai dari kalung, topi, masker bermotif, kain batik, dan lainnya. Tak hanya itu ada sejumlah produk keren lainnya yang bisa disaksikan di Toko JakArtisan by Dekranasda DKI Jakarta.

Untuk memaksimalkan penjualan UMKM, Tokopedia telah menyediakan sejumlah kampanye seperti Jumat Beli Lokal, Kampanye Bangga Buatan Indonesia, Pameran Online Rumah Kriya Asri Dekranas, dan Konten Edukasi Jakpreneur.

"Mudah-mudahan itu akan menjawab tantangan yang akan kita hadapi setelah pandemi," tutup Fery Farhati.

(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT