Deforestasi RI Turun 75%, Airlangga: Wujud Implementasi Green Economy

Muhamad Yoga Prastyo - detikNews
Selasa, 29 Mar 2022 16:11 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan ke Proyek Investasi Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) Group di Pangkalan Kerinci
Foto: Kemenko Perekonomian
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan ke Proyek Investasi Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) Group di Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau. Dalam kunjungannya, Airlangga mengatakan pemerintah berkomitmen untuk menerapkan konsep Green Economy sebagai bagian dari pembangunan berkelanjutan.

Diketahui, Green Economy merupakan konsep ekonomi yang menitikberatkan adanya integrasi antara pertumbuhan perekonomian dan penggunaan sumber daya alam dengan bertanggung jawab dan berkelanjutan, serta penciptaan eskalasi kesejahteraan masyarakat.

Guna menjalankan konsep ini, Airlangga menyebut pemerintah telah mengambil langkah untuk melakukan reforestasi. Langkah ini juga diambil sebagai upaya dalam menanggapi masalah kelestarian ekosistem.

Langkah reforestasi ini pun dinilai telah berhasil. Mengutip data BPS, Airlangga menyebut ada penurunan nilai deforestasi netto sebesar 75% yang semula sebesar 462.458,5 pada tahun 2018-2019, menjadi 115.459,8 di tahun 2019-2020.

"Ini merupakan wujud nyata dari implementasi Green Economy dan Sustainable Forest Management," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Selasa (29/3/2022).

Pemberlakuan Sustainable Forest Management, tambahnya, dianggap mampu menjadi solusi dalam mengelola ketersediaan sumber daya tanpa mengurangi produktivitas kinerja industri masa depan.

Salah satu implementasi pemberlakuan program ini yaitu nursery atau penyemaian benih untuk menjaga kelangsungan hidup tanaman yang belum mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Penyemaian ini dilakukan pada tanaman yang memiliki siklus panen menengah atau panjang serta memiliki ukuran biji yang relatif kecil.

Dalam kunjungannya, Airlangga juga melakukan peninjauan ke KCN 2 yang merupakan salah satu tempat nursery atau pembibitan pohon eukaliptus dan akasia. Dirinya juga melakukan penanaman pohon eukaliptus sebagai bentuk dukungan atas pelaksanaan Green Economy dan Sustainable Forest Management.

Sebagai informasi, dalam kunjungan tersebut juga hadir Menteri Perindustrian, Anggota DPR RI, Staf Ahli Bidang Regulasi Penegakan Hukum dan Ketahanan Ekonomi, Gubernur Riau, Kapolda Riau, Wakil Bupati Pelalawan, dan jajaran Forkopimda Riau

(akn/ega)