70 Ha Lahan di Rokan Hulu Terbakar, Pemadaman Terkendala Ketersediaan Air

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 29 Mar 2022 15:35 WIB
Petugas kesulitan mendapatkan air untuk padamkan kebakaran lahan di Rokan Hulu
Petugas kesulitan mendapatkan air untuk padamkan kebakaran lahan di Rokan Hulu. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Rokan Hulu -

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Rokan Hulu (Rohul), Riau. Sekitar 70 hektare lahan terbakar karena lokasinya di perbukitan dan sulit mendapat air.

Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto mengatakan kebakaran terjadi sejak Senin (28/3/2022) sore. Lahan terbakar terjadi di Desa Sungai Salak, Rambah Samo Barat, dan Lubuk Bilang.

"Personel gabungan Polres, BPBD, damkar, dan lainnya ada 170 orang tiba di lokasi pagi tadi. Hasil pantauan titik api sudah padam, udah ditangani untuk pendinginan," kata Wimpi, Selasa (29/3/2022).

Wimpi mengatakan lahan terbakar berada di kawasan hutan yang baru dibuka untuk perkebunan. Untuk bisa sampai ke lokasi, tim harus menempuh 1 jam dari Kota Pasir Pangaraian.

"Akses ke lokasi itu 1 jam pakai mobil. Tapi tim harus menempuh untuk sampai titik api pakai sepeda motor dan jalan kaki agar bisa ke titik kebakaran. Di lokasi, ditemukan area yang terbakar terdapat ladang hendak digarap," katanya.

Setiba di lokasi, tim langsung melakukan pemadaman dan pendinginan. Termasuk mengumpulkan barang bukti di lokasi yang diduga sengaja dibakar.

"Kami saat ini masih mengumpulkan alat bukti, meminta keterangan saksi, pasang garis polisi di area terbakar. Termasuk kita menetapkan status tanggap karhutla dan saat ini personel masih di lokasi untuk pendinginan," kata Wimpi.

Luas lahan terbakar sekitar 70 ha yang tersebar di 3 titik. Lahan diduga sengaja dibuka untuk perkebunan pakai alat berat.

"Ada 3 titik sejauh ini dan sudah proses pendinginan semua. Luasnya berbeda-beda, ada yang 25 ha di 1 titik kebakaran dan lokasinya di perbukitan yang susah mencari air untuk pemadaman," katanya.

Dalam catatan BMKG Pekanbaru, hot spot di Riau tercatat ada 68. Titik api yang paling banyak berada di Rohul.

"Jumlah hot spot di Riau 68 titik. Jumlah ini tersebar di Bengkalis 1 titik, Kampar 13 titik, Kuantan Singingi 7 titik, Pelalawan 4 tiik, Rokan Hilir 1 titik, Rokan Hulu 30 titik, Indragiri Hilir 3 titik, Indragiri Hulu 5 titik dan Kota Dumai 4 titik," kata Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru, Anggun.

(ras/mud)