ADVERTISEMENT

Polisi Tangkap Copet HP Viral di Angkot Tanah Abang

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 29 Mar 2022 12:13 WIB
Konferensi pers kasus copet (Wildan-detikcom)
Konferensi pers kasus copet. (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap seorang copet handphone di angkot kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), yang sempat viral di media sosial. Polisi juga menjelaskan modus serta kronologi pencopetan itu.

"Pada tanggal 22 Maret kita berhasil mengamankan Saudara FI di kawasan Pasar Tanah Abang," kata Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Haris di Polres Metro Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022).

"Ada dugaan dia akan mengulangi perbuatan kembali. Jadi sebelum dia melakukan perbuatan kita sudah amankan," imbuhnya.

Haris mengatakan FI diduga beraksi bersama dua orang lainnya, R dan T, yang saat ini masih diburu. Haris mengatakan FI positif menggunakan narkoba jenis sabu. FI diduga sudah berulang kali mencopet.

"Kalau menurut pengakuan mereka sudah beberapa kali, termasuk di daerah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan," ucapnya.

Haris mengatakan FI dijerat Pasal 363 KUHP juncto Pasal 53 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. FI telah ditahan.

Haris mengatakan pencopetan itu terjadi pada Selasa (15/3) sekitar pukul 10.31 WIB. Saat itu, korban E dan saksi A tengah menaiki angkot 03 jurusan Roxi Bendungan Hilir.

Saat itu, FI disebut duduk di depan saksi A dan berpura-pura batuk. FI diduga menghindar dan memepet korban. Di saat yang bersamaan, pelaku lain berinisial T diduga mengambil ponsel korban.

"Berpura-pura batuk-batuk kemudian tersangka yang bernama FI berperan menghindar dengan cara memepet saksi korban. Kemudian teman tersangka yang bernama T mengambil handphone milik korban di dalam tas korban," jelasnya.

T kemudian menyerahkan ponsel korban kepada tersangka FI. Namun kejadian tersebut diketahui saksi A yang kemudian memukul tangan FI hingga ponsel korban terjatuh.

A disebut sempat memiting leher tersangka FI. Sopir angkot kemudian mengarahkan angkotnya ke Polsek Metro Tanah Abang, tapi ketiga copet itu kabur.

"Saksi memiting leher tersangka FI kemudian sopir angkot menghentikan mobilnya di depan Polsek Metro Tanah Abang. Sedangkan saksi korban merekam dengan handphone-nya. Lalu tersangka FI bersama dua orang temannya turun dan kabur," kata dia.

Kasus ini sempat viral. Dalam video lanjutan yang viral, korban sempat menarik tas pelaku. Korban terlihat membuka tas pelaku yang hanya berisikan kardus dan sarung.

Simak juga 'Heboh Pencopet Incar Pengendara Motor di Pulogadung, Begini Aksinya':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT