Modus Densus Gadungan Cari 'Mangsa' di IG, 3 Perempuan Jadi Korban

ADVERTISEMENT

Modus Densus Gadungan Cari 'Mangsa' di IG, 3 Perempuan Jadi Korban

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 29 Mar 2022 03:18 WIB
ilustrasi kejahatan kriminal perampokan pembunuhan pemerkosaan pencopetan
Foto: andi saputra
Jakarta -

Polisi mengungkap fakta lain terkait ZP alias TM (28), Densus 88 Antiteror gadungan yang tertangkap memakai pelat dinas Polri palsu di kawasan Puncak, Bogor. ZP mengaku-aku sebagai anggota Densus demi memikat perempuan dan mencari 'mangsa' lewat akun Instagram.

"ZP ini menerangkan dia memiliki IG dengan identitas palsu, pertama tujuannya untuk memantau mantan pacarnya. Tapi ternyata kemudian digunakan untuk merayu perempuan," ujar Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo De Cuellar Tarigan kepada wartawan, Senin (28/3/2022).

Saat diamankan Satlantas Polres Bogor di Megamendung, Kabupaten Bogor, ZP bersama 4 orang perempuan dan 3 orang laki-laki. Mereka satu rombongan berkonvoi 3 mobil.

"Dan kebetulan saat diamankan petugas lalu lintas juga kita amankan dengan beberapa teman perempuan, yang salah satunya itu memiliki hubungan yang bersangkutan dengan tersangka," kata Siswo.

"Kita tanyakan kenalan dari mana, ya salah satunya dari IG tersebut, kemudian mereka ketemu dan jalin hubungan," katanya.

Menurut Siwso, perempuan itu semula percaya jika ZP adalah anggota polisi. Pacarnya itu baru tahu ZP adalah polisi gadungan setelah ditangkap.

"Dan tahunya yang bersangkutan yang kita amankan itu tahunya yang bersangkutan itu adalah anggota Polri. Ketahuan (polisi) palsu ketika sudah ditangkap," imbuhnya.

Siswo mengatakan sudah ada 3 perempuan yang jadi korban penipuan ZP. Namun, sejauh ini tidak ada kerugian materil yang dialami perempuan tersebut.

"Kalau pengakuannya dia sementara baru tiga (korban) dan akun itu baru dimiliki setahun. Kerugian materi (korban) nggak ada. Kalau ada masyarakat yang merasa jadi korban silakan lapor," jelasnya.

ZP diamankan di kawasan Puncak karena melawan arus dan meminta prioritas di jalan dengan menyalakan strobo, pada Sabtu (26/3) malam. ZP dkk saat itu hendak menuju ke Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

"Alasannya habis ngopi dari Ciawi kemudian mau makan di Cipanas. Diamankan di Megamendung," tuturnya.

Seperti diketahui, ZP ditangkap polisi setelah dicurigai menggunakan pelat dinas Polri dan melawan arus di kawasan Puncak. Dari hasil pemeriksaan, ZP yang mengaku sebagai anggota Densus itu ternyata mahasiswa dan bukan anggota Polri.

Simak juga 'Ucapan Polri: 16 Teroris NII Ingin Gulingkan Pemerintahan-Ubah Ideologi Negara':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT