Walkot Depok Jamin Stok Pangan Jelang Ramadan Aman, tapi Harga Cabai Naik

Dwi Rahmawati - detikNews
Senin, 28 Mar 2022 14:51 WIB
Wali Kota Depok Mohammad Idris
Foto: Dwi Rahmawati/detikcom
Depok -

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan persediaan bahan pokok di Depok aman sampai Ramadan tiba. Meski demikian, Idris mengatakan harga kebutuhan bahan pangan mengalami kenaikan.

"Sudah disidak juga, alhamdulillah aman. Beras aman Kota Depok, walaupun tidak memproduksi beras," kata Idris di Kantor Kecamatan Cimanggis, Senin (28/3/2022).

Menurutnya, persediaan beras di Depok sudah mencukupi dari hasil produksi di Cianjur dan kerja sama dari Bulog. Namun Idris mengatakan kenaikan harga pangan di Depok tak bisa ditekan lantaran mengikuti distribusi dari pusat.

"Yang lainnya juga aman, insyaallah. Mungkin yang agak sedikit-sedikit kenaikan harga. Apalagi mau Lebaran, cabai pasti naik itu," paparnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok disebut bakal menggelar pasar murah di sejumlah lokasi saat puasa. Hal ini bertujuan membantu warga memenuhi kebutuhan di kala harga mulai melonjak.

Kepala Seksi (Kasi) Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kota Depok, Cicin Nurhaidah, mengatakan akan ada pasar murah yang mendapat subsidi 60 persen dari Pemkot Depok.

"Rencana ada pasar murah di 11 kecamatan. Ada subsidi 60 persen," kata Cicin saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (23/3).

Cicin mengatakan kebutuhan pokok yang disiapkan bakal disalurkan di bawah harga umum atau distributor. Dalam satu kecamatan disediakan 110 paket.

"Jumlah paket per titik 110 paket. Isi paket 5 kg beras, 2 liter minyak, dan 1 kg gula pasir " paparnya.

Paket tersebut ditujukan bagi masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Hal ini diperlukan untuk menjaga rasa aman terhadap kebutuhan bahan pokok.

"Tujuannya menjaga distribusi pasokan supaya lonjakan harga tetap terkendali. (Serta) menekan laju inflasi dan memperlancar arus kebutuhan pokok dan strategis," papar Cicin.

Berdasarkan data laporan harga pangan yang diterima Disdagin Kota Depok, harga daging sapi murni pada Rabu (23/3) di Pasar Tugu mencapai Rp 130 ribu per kilogram. Sedangkan daging ayam kampung per ekor sebesar Rp 110 ribu.

"Daging sapi lokal, has dalam (tenderloin) Rp 140 ribu per kg. Daging ayam boiler Rp 40 ribu per kilogram. Telur ayam kampung per kilo Rp 55 ribu," imbuhnya.

Simak juga video 'Anies Kerahkan 3 Lembaga Stabilkan Harga-Pasokan Pangan Jelang Ramadhan':

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)