KLHK Ungkap Ratusan Ribu Lubang Bekas Tambang di Kaltim, Bakal Dipulihkan

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 28 Mar 2022 13:48 WIB
Siti Nurbaya
Menteri LHK Siti Nurbaya (Foto: KLHK)
Jakarta -

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyebut ada 154 ribu lubang bekas tambang di wilayah Kalimantan Timur. Sebanyak 29 ribu di antaranya berada di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Bagian lain yang jadi urusan Menteri LHK adalah lubang tambang dan rencana pemulihan bekas tambang. Ini datanya untuk seluruh Kaltim itu bukaan tambangnya ada 154ribuan," kata Siti saat rapat kerja dengan Komisi IV DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Siti mengatakan pihaknya akan memulihkan pemulihan di bekas lubang tambang yang berada di kawasan IKN. Pihaknya sudah melakukan uji coba.

"Yang di kawasan IKN catatan kami sementara 29 ribu, tapi memang kita sudah mengawali mencoba untuk mengecek dan melakukan uji coba pemulihan," ujarnya.

Siti mengatakan bekas tambang yang berair bisa dijadikan sumber air untuk IKN. Namun, kadar pH air masih diidentifikasi.

"Dan bekas tambang yang berair ini seharusnya bisa menjadi sumber air untuk IKN. Ini pH-nya rendah ada yang sampai 2,6 ada yang 3, pH itu kalau 3,5 itu air jeruk nipis. Ini asamnya ada yang lebih rendah lebih asam lagi, ini terus diidentifikasi oleh kementerian," tutur Siti.

(eva/eva)