Rakorda Gerindra Sumbar Usung Prabowo Capres, Andre Rosiade Cagub

Jeka Kampai - detikNews
Sabtu, 26 Mar 2022 21:15 WIB
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto (Foto: dok. Istimewa)
Padang - DPD Partai Gerindra menggelar rapat koordinasi daerah (rakorda). Terdapat 11 hasil rekomendasi rakorda, di antaranya mengusung Ketum Gerindra Prabowo Subianto jadi calon presiden (capres) 2024 dan Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade jadi calon gubernur (cagub) 2024.

Rakorda (Rapat Koordinasi Daerah) DPD Partai Gerindra Sumatera Barat digelar pada Sabtu (26/3/2022). Rakorda sebelumnya dibuka Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan dihadiri Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman sempat membacakan hasil rekomendasi Rakorda yang menyebutkan sudah menjadi keputusan bulat untuk mengusung dan memenangkan Prabowo sebagai presiden. Selain itu, kata dia, Rakorda menyebut Andre Rosiade sebagai Gubernur Sumatera Barat.

"Mendukung serta memenangkan Pak Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024 dan Andre Rosiade sebagai calon Gubernur Sumbar adalah dua poin utama Rakorda Gerindra yang dihadiri seluruh DPC Gerindra kabupaten dan kota se-Sumbar. Juga dihadiri pengurus organisasi sayap Gerindra," kata Evi Yandri.

Anggota DPRD dapil Sumbar itu mengatakan Partai Gerindra akan mengutamakan kader untuk maju dalam pemilihan legislatif (pileg) dan juga pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Ini menjadi kesepakatan kita semua yang dikuatkan oleh Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade dan DPP Gerindra," katanya.

Kemudian, Evi Yandri menyebutkan dalam Rakorda juga telah ditetapkan target-target dalam Pileg dan Pilkada 2024. Menurutnya, DPD Gerindra Sumbar menargetkan 20 kursi DPRD, 14 kursi wali kota hingga bupati, serta 19 kursi wakil bupati.

"Gerindra menargetkan 20 kursi DPRD Sumbar dari sekarang 14 kursi dari 8 daerah pemilihan (dapil). Selanjutnya dua kursi ditargetkan untuk setiap dapil kabupaten dan kota. Selanjutnya mendapatkan posisi 14 kursi kepala daerah, baik wali kota, wakil wali kota, bupati, wakil bupati dari 19 kabupaten dan kota," katanya.

"Gerindra juga merekomendasikan rapat partai satu kali sebulan sesuai tingkatan. Agar partai terus bergerak dan terus berkembang," lanjutnya.

Semua kader, sebutnya, harus patuh dan taat kepada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART). "Terus melakukan konsolidasi kepengurusan DPD, DPC, dan PAC sampai ke tingkat ranting. Terakhir, revitalisasi pengurus tingkat DPD, DPC dan sampai ke tingkat ranting," kata Evi Yandri, yang disebut-sebut akan maju sebagai calon Wali Kota Padang.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade membacakan pernyataan sikap bersama dukungan terhadap Ketua Umum Partai Gerindea itu. "Kami kader Partai Gerindra se-Sumbar siap menjadikan Partai Gerindra sebagai pemenang Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah 2024," kata Andre Rosiade, yang juga anggota DPR RI asal Sumbar.

Selanjutnya, sebut Andre, semua kader dan simpatisan Gerindra di Sumbar mengusulkan agar mencalonkan H Prabowo Subianto sebagai calon presiden. "Atas nama kader Partai Gerindra se-Sumbar kami memohon kesediaan Bapak Prabowo Subianto untuk bersedia dicalonkan sebagai calon Presiden Republik Indonesia pada Pilpres 2024," kata Andre. (maa/maa)