ADVERTISEMENT

Pemprov Kalteng-Bali Teken MoU Pembangunan Potensi Daerah

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 26 Mar 2022 18:15 WIB
Pemprov Kalteng Teken MoU dengan Pemprov Bali
Foto: Pemprov Kalteng
Jakarta -

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran bersama Gubernur Bali Wayan Koster menandatangani Naskah Kesepakatan Bersama tentang Kerja Sama Pembangunan dan Pengembangan Potensi Daerah di Gedung Gajah, Rumah Jabatan Gubernur Bali hari ini.

Sabran menyampaikan kesepakatan antara Pemprov Kalteng dan Pemprov Bali ini bertujuan untuk lebih mendorong percepatan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kalteng dan Bali, khususnya di sektor pariwisata dan budaya. Selain itu, kerja sama pembangunan dan pengembangan potensi daerah tersebut juga meliputi sejumlah sektor, di antaranya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM); Perdagangan; Pemberdayaan Masyarakat Desa; Perikanan Dan Kelautan; Pertanian dan Peternakan; Kehutanan dan Perkebunan; Transmigrasi; dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

"Seperti kita ketahui bersama, Pulau Bali merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di dunia. Di mana pariwisata dan budaya merupakan sektor andalan ekonomi Provinsi Bali, sementara Kalteng tidak kalah menariknya dengan destinasi wisata yang eksotis dan keragaman budaya yang unik dan khas," ungkap Sugianto dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/3/2022).

Lebih lanjut, Sugianto menyampaikan kesepakatan bersama ini juga menjadi landasan untuk melakukan sinergi program dan mengoptimalkan pendayagunaan potensi masing-masing daerah. Hal ini meliputi potensi sumber daya manusia, sumber daya alam, maupun teknologi.

Tak hanya itu, kerja sama tersebut dilakukan untuk melihat peluang sekaligus saling bertukar informasi terkait keunggulan dan kelebihan antarprovinsi. Dengan adanya kerja sama ini, ia berharap kesejahteraan masyarakat di kedua provinsi dapat meningkat.

Sementara itu, Wayan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Sugianto beserta jajaran. Ia pun menyambut baik terkait perjanjian kerja sama antara dua provinsi. Wayan pun mengajak seluruh pihak untuk mendorong dan menggalakkan produk lokal di daerah.

"Itu kuncinya kenapa Bali bisa maju di sektor produk lokal, jangan sampai produk luar yang kita pakai, hingga perkantoran pun harus gunakan produk lokal, bank daerah harus kita dukung untuk meningkatkan dividen daerah," pungkas Wayan.

Sebagai informasi, Pj. Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin telah menggelar silaturahmi dengan Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, di Kantor Gubernur Bali, Kamis, (24/3). Pertemuan tersebut dalam rangka tahap penjajakan rencana penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Gubernur Kalteng dan Gubernur Bali.

Pertemuan tersebut pun diakhiri dengan pertukaran cinderamata dari kedua belah pihak. Adapun Sugianto memberikan cinderamata khas Kalimantan Tengah berupa Benang Bintik, serta mengalungkan langsung Lilis Lamiang, kalung khas yang terbuat dari batu khas Kalimantan Tengah.

Dalam pertemuan tersebut, Sugianto didampingi Ketua TP. PKK Ivo Sugianto Sabran dan Kepala Perangkat Daerah Kalteng terkait. Sementara dari Pemprov Bali hadir Sekretaris Daerah Provinsi Bali beserta jajaran Kepala Perangkat Daerah Provinsi Bali.

(fhs/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT