Kapolri Minta Para Kapolda Cek Stok Minyak Goreng Tiap Hari Jelang Ramadan

Fajar Pratama - detikNews
Sabtu, 26 Mar 2022 16:14 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek salag satu produsen minyak goreng di Kota Surabaya, Jatim, Sabtu (26/3/2022).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek salah satu produsen minyak goreng di Kota Surabaya, Jatim, Sabtu (26/3/2022). (Dok. Polri)
Surabaya -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh kapolda dan jajarannya memastikan stok minyak goreng curah setiap hari menjelang bulan Ramadan. Dia ingin kebutuhan masyarakat akan minyak goreng terpenuhi.

"Dan tentunya tempat-tempat lain, nanti kapolda dengan tim satgas dicek dan diikuti setiap harinya. Termasuk tempat yang kosong di mana untuk diinformasikan, sehingga kemudian bisa dihubungi para distributor yang sudah dicatat untuk mengisi wilayah yang kosong," kata Sigit setelah mengecek produsen minyak goreng, PT Smart di Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (26/3/2022).

Sigit mengatakan pengawasan dan pemantauan oleh kepolisian bertujuan memberikan kepastian sekaligus jaminan kepada masyarakat soal ketersediaan minyak goreng jenis curah. Bukan hanya stok, Sigit pun meminta harga jual minyak goreng ke masyarakat sesuai harga eceran tertinggi (HET).

Sigit lalu mengimbau masyarakat tetap tenang soal pemenuhan kebutuhan minyak goreng selama menunaikan ibadah puasa. Mantan Kabareskrim Polri ini menegaskan jajarannya untuk mengawasi betul distribusi, stok serta harga minyak goreng curah, khususnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan.

"Jadi tentunya hal-hal yang harus terus kita cek dan kemudian kita pastikan seluruh kegiatan distribusi berjalan baik. Ini akan kita ikuti terus. Mudah-mudahan ketersediaan minyak curah dan harga eceran tertinggi betul-betul ada di pasaran, khususnya di bulan Ramadan," tutur Sigit.

Terakhir, Sigit menyatakan dirinya menerima laporan PT Smart mampu memproduksi minyak goreng sebanyak 250 ton untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat di Jatim.

"Kemudian tadi dari hasil diskusi, pihak produsen siap untuk tingkatkan produksi kebutuhan minyak curah dan tentunya kita akan komunikasikan dengan Kementerian Perindustrian untuk bisa diberikan tambahan lebih. Kita juga tadi tanyakan langsung ke beberapa distributor yang mendapatkan penugasan dari PT Smart untuk membagikan dan menyalurkan ke seluruh wilayah Jawa Timur," terang mantan Kadiv Propam Polri ini.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek salag satu produsen minyak goreng di Kota Surabaya, Jatim, Sabtu (26/3/2022).Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek salah satu produsen minyak goreng di Kota Surabaya, Jatim, Sabtu (26/3/2022). (Dok. Polri)
(aud/idh)