ADVERTISEMENT

Percepat Pembangunan Ketenagakerjaan, Kemnaker Resmikan Forkomtinag

Muhamad Yoga Prastyo - detikNews
Jumat, 25 Mar 2022 22:24 WIB
Kemnaker
Foto: Dok. Kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membentuk Forum Komunikasi Perguruan Tinggi untuk Ketenagakerjaan (Forkomtinag) sebagai upaya mempercepat pembangunan ketenagakerjaan. Peresmian Forkomtinag ini dilakukan oleh Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi di Surabaya.

Menurut Anwar, pembentukan Forkomtinag sekaligus sebagai wujud sinergitas dan kolaborasi Kemnaker dengan perguruan tinggi. Selain itu, Anwar juga mengatakan melalui Forkomtinag, pihaknya mengharapkan dukungan dan peran serta aktif dalam bentuk pemikiran maupun aksi dari kalangan perguruan tinggi yang memiliki komitmen sama untuk mempercepat pembangunan ketenagakerjaan.

"Besar harapan kami dengan hadirnya Forkomtinag ini, sinergitas dan kolaborasi Kemenaker dan perguruan tinggi dapat terbangun semakin baik ke depannya," kata Anwar dalam keterangan tertulis, Jumat (25/3/2022).

Lebih lanjut, Anwar mengatakan terbentuknya Forkomtinag ini melalui serangkaian pertemuan yang digelar Pasker.ID. Pada awal pembentukan Forkomtinag juga telah menghasilkan beberapa kesepakatan di antaranya pembentukan tim formatur yang dipimpin oleh Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., M.

Pembentukan formatur lalu dilanjutkan dengan pertemuan virtual yang membahas visi dan misi, struktur kepengurusan hingga tersusunnya kepengurusan Forkomtinag.

"Visi Forkomtinag adalah menciptakan kerja sama dan jejaring dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang ketenagakerjaan untuk menciptakan tenaga kerja yang berdaya saing global," ungkap Anwar.

Sementara itu, Rektor Universitas Brawijaya Nuhfil Hanani berharap ke depannya Forkomtinag dapat menjadi partner pemerintah terkait peningkatan pembangunan ketenagakerjaan dengan perguruan tinggi sebagai salah satu stakeholder yang memproduksi tenaga kerja terampil.

"Terbentuknya Forkomtinag ini dapat menjadi ajang saling belajar antara perguruan tinggi dengan Kemnaker untuk pengembangan tenaga kerja," ujar Nuhfil.

Sebagai informasi, kepengurusan Forkomtinag terdiri dari penasihat, pembina, ketua, wakil ketua, sekretaris, direktur eksekutif, kelompok kerja, serta delapan komisi. Adapun kedelapan komisi tersebut yakni, Komisi Pengembangan Organisasi dan Kerja Sama, Komisi Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, Komisi Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3, Komisi Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi, Komisi Penempatan Tenaga Kerja, Komisi Pengkajian Ketenagakerjaan, Komisi Pengembangan Pasar Kerja dan Komisi Entrepreneurship.

(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT