Jadi Komut, Sudirman Said Janji Benahi Aspek Keselamatan TransJakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 24 Mar 2022 18:05 WIB
Jakarta berlakukan PPKM level 2 sebagai upaya cegah varian Omicron. Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan saat beraktivitas di tengah pemberlakuan PPKM ini.
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

Sudirman Said resmi menjabat Komisaris Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta). Sudirman berjanji bakal melakukan perbaikan terhadap layanan untuk masyarakat.

Hal ini disampaikan Sudirman Said saat melaksanakan serah terima jabatan (sertijab) di kantor pusat PT TransJakarta hari ini. Dalam sambutannya, Sudirman mulanya berbicara mengenai pemimpin yang menggerakkan anggotanya menemukan perubahan.

"Dalam setiap organisasi selalu ada ruang untuk perbaikan. Tugas para pemimpin adalah menggerakkan anggota organisasi untuk terus menemukan ruang-ruang perbaikan," kata Sudirman yang dikutip melalui keterangan tertulis, Kamis (24/3/2022).

Sudirman memandang TransJakarta sudah bergerak maju dalam kurun lima tahun terakhir. Meski begitu, dia meminta upaya TransJakarta melakukan perbaikan terhadap aspek layanan dan keselamatan penumpang.

"TransJakarta sudah jauh lebih maju dibanding lima tahun lalu, tetapi memerlukan upaya perbaikan terus menerus agar layanan dan keselamatan semakin baik," ujarnya.

Sebagai Komisaris Utama, Sudirman berjanji bakal menjalankan fungsi pengawasan terhadap kinerja direksi. Meski begitu, dia mengaku masih harus belajar banyak mengenai seluk beluk perusahaan.

"Tugas kami (komisaris) adalah menjalankan fungsi pengawasan atas tugas-tugas kepengurusan yang dibantu oleh anggota komite komisaris lainnya. Selanjutnya komisaris juga berfungsi menjadi mitra berpikir direksi, memberikan saran-saran dalam pengurusan perseroan," tandasnya.

"Sebagai pendatang baru, saya perlu banyak belajar. Mempelajari bisnis, proses, organisasi dan tantangan yang ada di TransJakarta. Tentunya setelah memahami seluruh aspek strategis akan mendiskusikannya dengan manajemen berbagai upaya perbaikan dan penyempurnaan," sambungnya.

Di samping itu, Sudirman fokus pada aspek keselamatan yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh pemimpin yang ada di TransJakarta. Hal ini, kata dia, sebagai bentuk nyata pelayanan yang aman dan nyaman yang dipersembahkan kepada seluruh pelanggan setia.

"Manajemen TransJakarta harus punya satu standar mutu yang sama karena kita tidak bekerja sendirian, tetapi ada banyak mitra operator dan juga ribuan bus yang kita kelola. Dengan begitu, kita punya satu tujuan yang sama yaitu menghadirkan layanan transportasi yang dibutuhkan oleh masyarakat yang nyaman, aman dan tentunya terjangkau," imbuhnya.

Acara sertijab juga dihadiri Komisaris Utama TransJakarta sebelumnya, Jaswandi. Ia berharap Sudirman Said bisa membawa perubahan yang lebih besar bagi TransJakarta.

"Saya mencatat semua perjalanan selama bergabung dengan TransJakarta, mulai dari awal bergabung hingga saat ini. Saya sangat berterima kasih dengan kesempatan yang diberikan. Saya percaya Pak Sudirman bisa melanjutkan untuk TransJakarta yang lebih baik dan tangguh," ucapnya.

Sebagai informasi, Sudirman Said sebelumnya pernah menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI periode 2014-2016. Sedangkan Jaswandi pernah menjabat Pangdam Jaya dan Wadanjen Kopassus. Selain Jaswandi, Beni Edmunandar selaku Komisaris PT TransJakarta melepas masa jabatannya.

(taa/idn)