ADVERTISEMENT

5 Remaja Jakut Dijadikan PSK, Diimingi Staycation hingga Kredit HP

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 24 Mar 2022 15:51 WIB
gambaran situs on line
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Lima remaja menjadi korban prostitusi online di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kelima korban terjebak prostitusi setelah diming-imingi staycation dan fasilitas lain oleh pelaku.

"Modus operandi korban awalnya mendapat tawaran untuk bekerja melayani tamu melalui media sosial Facebook dengan iming-iming staycation dan dapat melakukan kredit handphone apabila ikut bergabung," kata Kasubdit Renakta Polda Metro Jaya AKBP Pujiyarto kepada wartawan, Kamis (24/3/2022).

Pujiyarto mengatakan pihaknya telah menangkap dua pelaku berinisial FO (22) dan IM (24). Keduanya berperan sebagai joki sekaligus muncikari.

Dalam melakukan aksinya pelaku mengincar korban lewat media sosial Facebook. Korban yang tertarik nantinya bakal dijemput oleh pelaku IM.

"Korban bekerja dari pukul 16.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB di sebuah kosan. Korban ditawarkan melalui aplikasi MiChat," jelas Pujiyarto.

Kasus ini terungkap saat salah satu orang tua korban curiga akan aktivitas anaknya. Kepada orang tuanya, korban mengaku telah terlibat praktik prostitusi online sejak 8 hingga 11 Maret 2022 di Jakarta Timur.

Keluarga korban lalu melaporkan kasus itu ke Polda Metro Jaya. Polisi kemudian menggerebek sebuah kosan yang diduga menjadi tempat prostitusi online.

Di lokasi tersebut polisi menemukan sejumlah perempuan yang telah dijual oleh pelaku. Total ada delapan perempuan yang berada di lokasi tersebut.

"Kita amankan lima orang anak di bawah umur dan tiga perempuan dewasa," jelas Pujiyarto.

Dua muncikari FO dan IM kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Keduanya dijerat dengan Pasal 88 juncto 76 I UU RI No. 17 tahun 2016 tentang perlindungan anak.

"Ancamannya 10 tahun penjara," pungkas Pujiyarto.

(ygs/mei)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT