ADVERTISEMENT

Kawasan Inti Pusat Pemerintahan di IKN Bakal Jadi 4 Zona, Ini Pembagiannya

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 24 Mar 2022 13:28 WIB
Deputi I KSP Febry Calvin Tetelepta
Deputi I KSP Febry Calvin Tetelepta (Foto: dok. KSP)
Jakarta -

Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan pembangunan tahap awal Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Ibu Kota Nusantara selesai sesuai target pada 2024. Pembangunan KIPP direncanakan terbagi menjadi empat zona, yaitu Zona 1A, Zona 1B, Zona 2, dan Zona 3.

Hal itu disampaikan Deputi I KSP Febry Calvin Tetelepta dalam kunjungannya ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, seperti dalam keterangan tertulis dikutip, Kamis (24/3/2022). Febry memantau proses pembangunan Zona 1A dan Zona 1B KIPP, yang akan dimulai dari titik kontrol geodesi atau titik nol IKN.

Zona 1A dan 1B itu akan menjadi titik lokasi pembangunan Istana Kepresidenan dan beberapa kantor kementerian. Sementara itu, zona lainnya masih dalam tahap perencanaan.

"Kita pastikan target terpenuhi dan semua kepentingan masyarakat diakomodasi dalam setiap tahap pembangunan infrastruktur. Oleh karenanya, kita akan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mengawal pembangunan tahap awal KIPP IKN selesai 2024," kata Febry.

KIPP IKN bakal dibangun di atas 6.000 hektare lahan. Saat ini proses pembangunan masih berfokus pada akses jalan dan pengadaan lahan.

"Percepatan sudah dimulai dengan pemasangan alat ukur titik geodesi di titik nol IKN. Titik ini adalah patokan dari keseluruhan koordinat pembangunan infrastruktur IKN," lanjut Febry.

(knv/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT