4 Aturan Baru Diumumkan Jokowi Jelang Ramadan: Boleh Mudik-Hapus Karantina

ADVERTISEMENT

4 Aturan Baru Diumumkan Jokowi Jelang Ramadan: Boleh Mudik-Hapus Karantina

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Mar 2022 06:10 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan sejumlah aturan baru terkait pandemi Corona atau COVID-19 jelang bulan Ramadan. Salah satunya ialah memperbolehkan mudik saat hari raya Idul Fitri atau Lebaran tahun ini.

Dirangkum detikcom, Kamis (24/3/2022), berikut sejumlah pelonggaran aturan yang disampaikan Jokowi:

1. Hapus Karantina dari LN

Jokowi resmi menghapus syarat karantina bagi pelaku perjalanan dari luar negeri. Namun Jokowi menyebut pelaku perjalanan dari luar negeri tetap harus menjalani tes PCR setiba di Tanah Air.

"Pelaku-pelaku perjalanan luar negeri yang tiba melalui bandara di seluruh Indonesia tidak perlu lagi harus melewati karantina," kata Jokowi.

"Namun pemerintah tetap mewajibkan pelaku perjalanan yang tiba dari luar negeri untuk melakukan tes usap PCR," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan mereka yang negatif tes PCR boleh langsung beraktivitas. Jika positif, ditangani satgas terkait.

"Kalau negatif, silakan langsung keluar dan beraktivitas," ujar Jokowi.

2. Mudik Boleh Asal 2 Kali Vaksin-Booster

Jokowi mempersilakan mudik saat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Jokowi meminta masyarakat untuk lebih dulu mendapatkan dua kali suntikan vaksin COVID-19 dan suntikan vaksin penguat atau booster.

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik, dipersilakan, juga diperbolehkan, dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan sekali booster serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan situasi perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia sudah membaik. "Situasi pandemi yang membaik juga membawa optimisme menjelang datangnya bulan suci bulan Ramadan," katanya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT