ADVERTISEMENT

WBI Foundation Gaet UMKM & Anak Muda Lestarikan Budaya Indonesia

Erika Dyah - detikNews
Rabu, 23 Mar 2022 21:41 WIB
WBI Foundation
Foto: Erika Dyah/detikcom
Jakarta -

Upaya pelestarian budaya terus dilakukan oleh berbagai pihak melalui berbagai cara. Salah satunya, yang dilakukan oleh Warisan Budaya Indonesia (Foundation) dengan menggaet kaum milenial dan UMKM di Indonesia.

Ketua WBI Foundation, Yanti Airlangga mengungkapkan sebagai perempuan Indonesia ia sangat bangga terhadap budaya dan kekayaan yang dimiliki Indonesia.

"Saya melihat banyak anak muda yang sangat menghargai kultur kita, baik di luar maupun di dalam negeri. Saya ingin menyemangati dan membanggakan bahwa Indonesia itu sangat keren, budayanya sangat luar biasa. Kalau kita lihat, dari pakaian saja kita beragam. Saya rasa negara kita itu yang paling kaya dalam hal budaya," ujar Yanti dalam Press Conference Launching WBI Foundation di The Langham, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Menurutnya, upaya pelestarian warisan budaya merupakan tugas seluruh masyarakat Indonesia. Sebab, warisan budaya harus terus dijaga dan tidak boleh habis sampai akhir zaman, bahkan sama di zaman anak-anak keturunan nantinya.

Untuk itu, ia bersama 9 orang lain yang terdiri dari Loemongga Agus Gumiwang, Pandu Sjahrir, Sari Agus Suparmanto, Anindya Bakrie, Gista Wishnutama, Liliana Tanoesoedibjo, Emmanuel L. Wanandi, Meutya Hafid, dan Raffi Ahmad membentuk sebuah organisasi nirlaba bernama WBI Foundation untuk terus menjaga nilai-nilai dan warisan budaya Indonesia.

"Fokus WBI Foundation ini mencakup seluruh unsur budaya, seperti wastra, tari-tarian, alat musik, film, kuliner. Jadi warisan budaya itu sangat luas sebetulnya, kita mencoba untuk satu-satu menyebarkannya. Dibantu juga oleh Raffi dan juga RANS-nya Raffi, kita berharap gaungnya juga lebih besar," jelas Yanti.

Istri dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto ini mengatakan sejak awal pihaknya juga bekerja sama dengan UMKM yang utamanya didominasi anak muda untuk membuka jalan dalam pelestarian budaya Indonesia.

"Kita duduk di sini untuk mengawali, juga membuka jalan untuk mereka anak muda. Kita harus sadari bahwa mereka ini yang nanti akan berkelanjutan menjalankan program ini. Jadi dengan cara kita merangkul milenial, itu yang jadi target kita untuk dapat melanjutkan kerja sama terhadap UMKM dari para milenial juga," ungkapnya.

Sementara itu, Gista Wishnutama, salah satu pendiri yang hadir di presscon ini menambahkan WBI Foundation memiliki Rumah Cikatomas yang diinisiasi oleh Yanti Airlangga sebagai salah satu wadah memajukan UMKM Indonesia.

"Jadi ini sebuah pameran kecil, di situ kami bekerja sama dengan pengrajin kecil untuk memasukkan produk mereka, kami sediakan space-nya, dan kami bantu jualnya. Baik secara online maupun offline," tutur Gista.

"Ini merupakan inisiasi yang luar biasa sekali, ini salah satu wujud nyata kami juga didukung dengan pameran lain yang didukung oleh WBI Foundation. Penjualannya juga banyak dibantu oleh bapak-ibu WBI Foundation dan teman-teman influencer. Juga di setiap pameran kita menyediakan space untuk umkm dan para pengrajin, kita mendorong mereka untuk melakukan penjualan dan meningkatkan kualitas sehingga bisa memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Jadi kami tujuannya ingin pengrajin yang sebagian besarnya UMKM ini bisa sejahtera," paparnya.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT