Hari Teater Sedunia 2022: Sejarah dan Tema Perayaannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 23 Mar 2022 17:13 WIB
Hari Teater Sedunia 2022 / Ilustrasi (Teater Koma Tampilkan Lakon Sampek Engtay di Ciputra Artpreneur Theatre, Jakarta pada 5-6 Maret 2022)
Hari Teater Sedunia 2022 / Ilustrasi (Teater Koma Tampilkan Lakon Sampek Engtay di Ciputra Artpreneur Theatre, Jakarta pada 5-6 Maret 2022) / Foto: Dok. Bakti Budaya Djarum Foundation
Jakarta -

Hari Teater Sedunia dikenal dengan sebutan World Theatre Day. Peringatan Hari Teater Sedunia jatuh pada 27 Maret setiap tahunnya. Teater merupakan salah satu pertunjukan yang menampilkan kesenian peran (akting).

Tak hanya akting, kemampuan bernyanyi para pemain teater juga ditunjukkan dalam pementasannya. Lantas, bagaimana sejarah peringatan Hari Teater Sedunia? Berikut jawabannya.

Hari Teater Sedunia 2022: Tema Perayaan

Hari Teater Sedunia 2022 diperingati tanggal 27 Maret nanti. Melansir dari situs World Theatre Day, perayaan Hari Teater Sedunia 2022 akan diselenggarakan oleh Institut Teater Internasional (ITI) dan dilaksanakan secara online.

Peringatan Hari Teater Sedunia 2022 akan fokus pada perkembangan artis-artis teater pendatang baru yang akan menjadi generasi berikutnya. Oleh karena itu, ITI akan mengundang artis teater pendatang baru dari berbagai negara untuk berpartisipasi dalam pementasan online lewat video.

Hari Teater Sedunia 2022: Sejarah Peringatan World Theatre Day

Hari Teater Sedunia diprakarsai oleh Institut Teater Internasional (ITI) pada tahun 1961. Setiap tahunnya, ITI merayakan nilai-nilai penting dari teater serta menyelenggarakan pesan tahunan yang disampaikan oleh pemain teater terkenal yang dipilih.

Para pemain teater dipilih untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat sekaligus membagikan kesan mereka tentang seni teater dan masa depan teater. Pesan tersebut pertama kali disampaikan oleh Jean Cocteau pada tahun 1962, kemudian diterjemahkan ke dalam 50 bahasa, dibaca untuk ribuan penonton, dan dicetak di ratusan surat kabar. ITI juga menyebarkan pesan melalui siaran ke seluruh dunia.

Hari Teater Sedunia 2022: Apa Itu Teater?

Hari Teater Sedunia 2022 akan dilaksanakan secara online melalui situs ITI. Lalu, apa pengertian teater sebenarnya? Mengutip dari situs Britannica, teater adalah ruang pertunjukan langsung yang menciptakan suasana drama dan disaksikan langsung oleh penonton.

Melansir dari situs Ensiklopedia Jakarta, pertunjukan teater memiliki unsur-unsur yang wajib ada, seperti:

  • Skenario
  • Sutradara
  • Pemain
  • Staf produksi
  • Desainer
  • Properti
  • Crew (pekerja di balik layar)
(kny/imk)