Kisah Driver Ojol Antar Adiknya Belajar Jualan Online di Kampus UMKM

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 23 Mar 2022 12:52 WIB
Driver Ojol Antar Adiknya ke Kampus UMKM
Foto: YouTube Bank Paunk
Jakarta -

Di zaman serba digital, menjadi pengusaha bukanlah mimpi belaka. Apalagi, hadirnya platform e-Commerce telah memudahkan penggunanya untuk meraup pundi-pundi penghasilan.

Hal inilah yang terpikirkan oleh sepasang kakak-beradik ini. Pemikiran untuk berjualan online terlintas ketika sang adik yang hobi touring, berniat untuk memasarkan barang dagangannya dengan cakupan yang lebih luas.

Sang kakak yang merupakan driver ojol, mengantar adiknya untuk belajar jualan online di tempat pelatihan bisnis digital milik salah satu e-Commerce.
Dalam video yang diunggah di akun YouTube: BANG PAUNK, driver ojol bernama Paunk memperlihatkan tempat pelatihan tersebut bernama Kampus UMKM yang terletak di Jakarta Selatan. Kampus itu memberikan pelatihan dan menyediakan sejumlah fasilitas penunjang untuk berjualan online yang efektif.

"Gue mau nganterin adik gue buat pelatihan untuk jadi seller. Jadi info ini gue dapat dari Instagram. Ada kampus UMKM namanya. Ini adalah (tempat) pelatihan untuk jadi seller. Abis itu gue cari info, ada form pendaftarannya. Akhirnya gue ikutin untuk adik gue," jelas Paunk dalam video unggahannya.

Ketika sampai di dalam area kampus, Paunk memberikan informasi kepada tim kampus bahwa adiknya sudah mendaftarkan diri secara online dan siap ikut kelas pelatihan. Selagi menunggu sang adik, Paunk mengelilingi kampus sambil membuat vlog.

Didampingi tim kampus UMKM, Paunk berkeliling melihat fasilitas di kampus. Mulai dari pusat edukasi untuk membuka akun toko dan studio foto, contoh mengatur gudang, dan ruang live streaming.

Saat berada di ruang live streaming, Paunk menjajal menjual produk adiknya. Dia juga sempat menanyakan cara menggunakan fasilitas di kampus UMKM ini. Tim kampus pun menjawab bahwa pelatihan dan fasilitas di kampus ini gratis, tidak dipungut biaya.

Setelah berkeliling melihat fasilitas kampus, adik Paunk yang bernama Arif, mengikuti kelas pelatihan. Masih sedikit malu-malu, Arif masuk ke dalam kelas pelatihan yang sudah ada trainer dan peserta dari seller lainnya.

Video Paunk yang diunggah pada 15 Maret 2022 ini telah ditonton lebih dari 6.000 kali dan mendapat lebih dari 60 komentar. Paunk mendapat pujian dari warganet sebagai bentuk tanggung jawab seorang kakak.

Paunk telah membantu sang adik mencari info tempat belajar jualan online sekaligus mengantar langsung ke kampus UMKM.

"Hebat bang. Tanggung jawab gantikan tugas ayahnya, pokoknya hebat bang, salut," ungkap salah satu komentar warganet.

Saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Paunk mengatakan bahwa dia ingin membantu adiknya untuk memperkenalkan bisnis digital. Paunk mengajak sang adik, Arif ikut pelatihan di Kampus UMKM Shopee di Jakarta karena terbuka untuk siapa saja termasuk kurir dan driver ojol.

Setelah mendaftar secara online, kakak beradik ini langsung meluncur ke lokasi kampus yang berada di Pakuwon Tower Jakarta Selatan dari Depok. Pelatihan dan fasilitas di kampus ini pun dapat diakses secara gratis.

Paunk menjelaskan selama ini Arif berjualan produk perlengkapan berkendara seperti holder ponsel, tas selempang, dan perlengkapan lainnya dengan menumpang buka lapak di warung sembako milik ibu mereka.

Paunk yang bekerja sebagai driver, mencoba membantu mempromosikan usaha Arif namun hanya melalui pesan lintas. Kini, dengan menjadi seller di Shopee, produk Arif dapat dilihat secara lebih luas. Paunk berharap usaha online Arif nantinya dapat dijadikan sebagai mata pencarian dan bisa membantu menambah ekonomi keluarga mereka.

"Keluarga driver ojol lain yang mau belajar jualan online juga bisa ikut daftar di http://bit.ly/kampusuntukkeluargakurir ," tulis Paunk dalam deskripsi videonya.

(ncm/ega)