Kadis SDA Ungkap Perintah Anies Selamatkan Air Hujan Masuk ke Tanah

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 22 Mar 2022 17:04 WIB
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Bina Marga Jakarta Yusmada Faizal saat groundbreaking pembangunan simpang susun Semanggi di Jakarta, Jumat (8/4/2016).
Yusmada Faizal (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kepala Dinas Sumber Daya Air Yusmada Faizal mengungkap perintah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal menyelamatkan air hujan. Yusmada mengatakan realisasi perintah Anies itu dengan wujud drainase vertikal untuk mengembalikan air ke tanah.

Yusmada awalnya menyebut air hujan sebagai berkah yang mesti dikelola. Oleh sebab itu, pembangunan drainase vertikal perlu digencarkan supaya cadangan air di dalam tanah terisi kembali.

"Ini juga gimana kita melakukan sesuatu yang sudah menjadi pendekatan dunia bahwa air hujan berkah Allah kita selamatkan, kita amankan dan kita kelola. Salah satunya kita mengembalikan lagi air yang disedot itu kita kembalikan lagi, kita isi lagi cadangan air tanah itu melalui drainase-drainase vertikal," kata Yusmada saat peringatan Hari Air Sedunia yang disiarkan di YouTube PAM Jaya DKI Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Salah satu drainase vertikal yang dibangun Pemprov DKI adalah sumur resapan. Yusmada melaporkan Pemprov DKI Jakarta telah membangun sumur resapan di 72 ribu titik sejak tahun lalu. Sumur resapan yang dibangun berbagai tipe, mulai dari modular hingga buis beton.

"Alhamdulillah tahun lalu kita berhasil bangun 72 ribu titik sumur resapan, dua jenis ada buis beton dan sumur dangkal, sumur sedang dan modular. Itu setara dengan 73 meter kubik," jelasnya.

Oleh karena itu, pembangunan sumur resapan mesti dilanjutkan. Dia menyebut jangan sampai air hujan malah memenuhi saluran air sehingga genangan pun bermunculan.

"Ini harus dilanjutkan. Yang paling efektif untuk memanfaatkan air hujan adalah menampung dari awalnya, dari atap-atap rumah itu disimpan air itu. Sehingga dia tak mengalir dan memenuhi saluran, membuat genangan sampai ke sungai dan membuat sungai meluap. Itulah makanya Pak Gubernur selalu menggencarkan tolong selamatkan air hujan itu," ucapnya.

Di sisi lain, Anies bakal menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai Pengolahan Air Hujan. Melalui Pergub ini, kata dia, Pemprov DKI hendak mendorong masyarakat untuk memanfaatkan air hujan sebaik mungkin.

"Makanya akan muncullah, mudah-mudahan Pergub pengolahan air hujan akan diterbitkan dalam rangka yuk sama-sama menyelamatkan berkah Allah berupa air hujan supaya bermanfaat bagi kehidupan semua. Itu yang harus kita dorong," tandasnya.

Lihat juga video 'Hujan Deras Guyur Jakarta, Sumur Resapan Malah Terendam Banjir':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)