Geger Warga Sukabumi Dengar Suara Gemuruh, Ini Penjelasan BMKG

ADVERTISEMENT

Geger Warga Sukabumi Dengar Suara Gemuruh, Ini Penjelasan BMKG

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Mar 2022 14:21 WIB
Seismograf, alat pencatat getaran gempa. Ilustrasi gempa bumi
Seismograf, alat perekam getaran gempa. (Robby Bernardi/detikcom)
Jakarta -

Warga Kota Sukabumi, Jawa Barat, geger karena mendengar suara bergemuruh. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat kejadian gempa bumi pada pukul 08.52 WIB yang berpusat di Sukabumi.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 3,2 dengan episentrum terletak pada koordinat 6.95 LS dan 107.06 BT. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 kilometer sebelah tenggara Kota Sukabumi pada kedalaman 8 kilometer.

Salah seorang warga, Riza, mengatakan merasakan getaran gempa tersebut. Dia juga mengaku sempat mendengar suara gemuruh.

"Saya di Cireunghas merasakan ada suara gemuruh juga. Sampai mau mandi nggak jadi," ujar Riza seperti dikutip dari detikJabar, Selasa (22/3/2022).

Kepala Stasiun Geofisika (Stageof) Bandung Teguh Rahayu mengatakan, gempa tersebut diakibatkan oleh aktivitas sesar lokal. Seperti diketahui, titik gempa berdekatan dengan Sesar Cimandiri yang memanjang dan tersegmentasi dalam 5 segmen mulai dari Pelabuhan Ratu sampai Gandasoli.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Iya sesar Cimandiri," kata Ayu, sapaan akrabnya.

Silakan baca berita selengkapnya di sini.

Lihat juga video 'Siklon Tropis Charlotte Pengaruhi Kondisi Cuaca, Cek Infonya di Sini!':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT