Komisi VIII DPR Harap Saudi Beri Kuota 221.000 Jemaah Haji RI Tahun Ini

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 22 Mar 2022 07:33 WIB
Ketua DPP Golkar Ace Hasan
Ace Hasan Syadzily (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mendapat penjelasan soal bakal adanya pemberangkatan jemaah haji dari luar Arab Saudi pada tahun ini. Komisi VIII DPR RI yang juga mendapat kabar serupa berharap Saudi memberi kuota 221.000 jemaah haji Indonesia.

"Setidaknya mendapatkan kabar tersebut cukup melegakan hati umat Islam, khususnya muslim Indonesia. Yang perlu dipastikan kabar lebih lanjut adalah tentang berapa kuota yang akan diberikan kepada Indonesia," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Senin (21/3/2022).

Komisi VIII sangat berharap kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk segera mengumumkan peraturan pemerintah Arab Saudi yang mengatur penyelenggaraan haji (taklimatul hajj). Sehingga ada kepastian bagi jemaah haji dari luar Saudi.

"Kami juga berharap bahwa pemerintah Arab Saudi memberikan kuota normal sebesar 221.000 jamaah Haji Indonesia atau kuota penuh sehingga dapat mempercepat daftar antrean yang tertunda keberangkatan selama dua tahun ini," ujar Ace.

Selain itu, Komisi VIII juga meminta kepada Menag Yaqut Cholil Qoumas yang masih di Arab Saudi untuk terus melakukan pembicaraan dengan pihak Arab Saudi tentang kepastian penyelenggaraan haji dan kuota yang diberikan.

"Hal ini perlu pembicaraan diplomatik secara intensif dengan pihak yang berwenang menentukan jumlah kuota tersebut," imbuhnya.

Menag Yaqut Bertemu Menteri Saudi

Menag Yaqut Cholil Qoumas sebelumnya bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah. Menag Yaqut mendapat penjelasan soal bakal adanya pemberangkatan jemaah haji dari luar Arab Saudi pada tahun ini.

Pertemuan Menag Yaqut dan Menteri Tawfiq berlangsung di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (20/3).

"Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi," kata Menag Yaqut dalam keterangan tertulis di situs Kemenag, Senin (21/3).

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'Mau Daftar Haji Nggak Pake Ribet? Coba Download Aplikasi 'Haji Pintar'':

[Gambas:Video 20detik]