ADVERTISEMENT

Dukung Minyak Goreng Curah Disubsidi, Nusron Wahid: Sikat yang Nakal!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Mar 2022 21:16 WIB
Nusron Wahid
Nusron Wahid (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR RI Nusron Wahid mendukung subsidi minyak goreng curah dengan harga Rp 14.000 untuk warga kurang mampu. Dia meminta pemerintah mengawasi dan menindak oknum nakal yang masih curang.

"Kalau ada yang nakal harus disikat. Tidak boleh minyak goreng masuk ke industri dan diselundupkan dan dikemas sehingga dijual dengan harga pasar," kata Nusron, Senin (21/3/2022).

Nusron mengajak semua pihak bersama-sama mengawasi minyak goreng curah yang sudah disubsidi. Dia mengatakan subsidi terhadap minyak curah menandakan negara hadir membantu rakyat kecil mengakses bahan pokok dengan harga yang terjangkau.

"Kita apresiasi kehadiran migor (minyak goreng) subsidi. Ayo kita awasi bersama jangan sampai ada yang meleset," ujarnya.

Wakil Ketua Umum PBNU ini mengungkapkan sudah ada data mengenai variasi konsumsi minyak goreng curah dan kemasan yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Perinciannya adalah: Kemasan Premium 1.270.776.256 liter (22%), kemasan sederhana 231.050.228 liter (4%), curah rumah tangga 2.426.027.397 liter (42%), dan curah industri 1.848.401.826 (32%).

Nusron mengatakan, dengan data tersebut, artinya subsidi harga minyak goreng curah 42% untuk rumah tangga dengan kategori kurang mampu. Dia mendorong pemerintah memastikan ketersediaan minyak goreng bisa diakses masyarakat yang berhak mendapatkan.

"Prinsipnya, rakyat harus terjangkau dalam memenuhi kebutuhannya untuk membeli minyak goreng, dan pemerintah harus memastikan itu bisa diakses oleh rakyat yang berhak dan memastikan harganya tidak bail dari yang telah ditentukan," katanya.

(dek/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT