ADVERTISEMENT

Firli Bahuri: Saya Tahu Siapa yang Jadi Menteri Penambang

M Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 21 Mar 2022 14:13 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri di DPRD Jabar.
Ketua KPK Firli Bahuri (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri berkisah tentang urusan batu bara. Bahkan Firli menyebutkan adanya menteri penambang batu bara.

"Saya ingin bercerita sedikit terkait pencegahan ini. Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan kelangkaan batu bara untuk pasokan PLN terjadi bulan Januari-Februari," ucap Firli dalam Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi Terintegrasi di Wilayah Bali Tahun 2022 yang disiarkan melalui kanal YouTube pada Jumat, 18 Maret 2022.

"Saya Ketua KPK, saya telepon beberapa Menko dan para menteri yang membidangi energi dan sumber daya mineral, saya sampaikan apa yang keliru, Indonesia memiliki batu bara yang berlimpah tapi kenapa PLN timbul persoalan keterbatasan dan kelangkaan batu bara untuk pasokan bahan bakar PLN," imbuhnya.

Setelah diusut, menurut Firli, ada pengusaha yang tidak patuh sehingga menjual batu bara ke luar negeri tanpa memperhatikan kebutuhan dalam negeri. Dia pun meminta pemerintah mencabut izin pengusaha yang tidak patuh itu.

"Pemerintah sudah menggariskan ada namanya domestic market obligation, perintah untuk pasar dalam negeri, batu bara diatur 25 persen dalam negeri tapi karena harga batu bara ini sangat jauh timpang dengan luar negeri, maka banyak orang menjual batu bara ke luar negeri tanpa memperhatikan kebutuhan dalam negeri," kata Firli.

"Saya bilang sama Menteri ESDM, saya tahu penambangnya siapa, bahkan ada yang jadi menteri penambang. Saya bukan penambang, tertibkan, cabut izinnya. Saya bilang gitu," imbuhnya.

Simak juga video 'Firli Bahuri Dilaporkan ke Dewas Buntut Istri Bikin Himne-Mars KPK':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT