Sewa Mobil Catut MotoGP Mandalika Bikin Travel Tertipu Rp 598 Juta

ADVERTISEMENT

Sewa Mobil Catut MotoGP Mandalika Bikin Travel Tertipu Rp 598 Juta

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 20 Mar 2022 17:26 WIB
Sejumlah kendaraan roda empat dari agen perjalanan asal Malang, Jatim parkir di halaman Kantor Dinas Perhubungan NTB, Jumat (18/3/2022) (ANTARA/Dhimas BP)
Sejumlah kendaraan roda empat dari agen perjalanan asal Malang, Jatim, parkir di halaman Kantor Dinas Perhubungan NTB, Jumat (18/3/2022) (ANTARA/Dhimas BP)
Jakarta -

Agen travel asal Kota Malang tertipu hingga Rp 598 juta. Penipu meminta 65 unit kendaraan yang disebut akan digunakan oleh tamu gelaran MotoGP Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dilansir dari detikJatim, kasus ini dialami oleh pemilik travel Hafiz Jaya Tour, Kusuma Hadi. Awalnya, Kusuma mendapat order dari seseorang berinisial DA, pada Senin (7/3/2022). Kepada Kusuma, DA mengaku sebagai kepala bidang tur dan transport.

Kusuma Hadi sempat bertemu dengan DA di NTB. Dialam pertemuan itu, pelaku meminta korban mengirimkan 65 unit kendaraan roda empat berbagai tipe ke Lombok.

Dan DA juga mengirim surat penunjukan kepada korban, dengan kop surat mengatasnamakan asosiasi travel agent. Berbagai bukti itu membuat korban yakin dan menyetujui orderan sewa kendaraan tersebut.

Mobil yang dikirim berupa Toyota Innova Reborn, Toyota Hiace, Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, dan Toyota Alphard.

"Kata DA, 65 unit kendaraan itu akan digunakan untuk mengangkut tamu dan penonton MotoGP Mandalika. Dia juga menjanjikan, pembayaran 50 persen jika kendaraan sudah sampai di Lombok dan 50 persen sisanya akan dibayarkan pada tanggal 21 Maret 2022," kata Kusuma Hadi saat dimintai konfirmasi wartawan, Minggu (20/3).

Simak berita selengkapnya di sini.

(aik/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT