ADVERTISEMENT

Lewis Kogoya Pimpin Pembakaran Kamp Pendulang Tambang di Paniai Papua

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Minggu, 20 Mar 2022 16:13 WIB
Ilustrasi Api
Ilustrasi Api (Getty Images/iStockphoto/OlgaMiltsova)
Jakarta -

Pembakaran kamp penampungan pendulang tambang di Distrik Baya Biru, Kabupaten Paniai, Papua, oleh kelompok bersenjata dilaporkan dipimpin oleh Lewis Kogoya. Insiden pembakaran itu terjadi pagi tadi.

Dilansir dari Antara, Kapolres Paniai AKBP Abdus Syukur mengkonfirmasi berdasarkan laporan yang diterima kepolisian bahwa pelaku penyerangan yang disertai pembakaran adalah kelompok bersenjata yang dipimpin Kogoya.

Kogoya diduga afiliasi kelompok bersenjata Intan Jaya. KKB membawa berbagai jenis senjata api, antara lain SS1, Mauser, dan AK-47 saat menyerang kamp pendulang.

Sebanyak 15 rumah yang menjadi penampungan pendulang dibakar serta puskesmas dan perumahan guru. "Tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi di lokasi 81 dan 45," kata Syukur.

Dia mengatakan ada sembilan anggota yang bertugas di Pospol 99 Ndeotadi, Distrik Baya Biru. Dia menyebut polisi belum dapat mengirim personel ke lokasi lantaran tak ada penerbangan langsung ke Baya Biru dari Enarotali, ibukota Kabupaten Paniai.

Menurut Abdus, anggota Polres Paniai terlebih dulu akan digeser ke Nabire melalui jalan darat dan akan diterbangkan bila ada penerbangan ke Baya Biru. "Kemungkinan personel baru akan diterbangkan Senin (22/3) ke Baya Biru," kata dia.

Diketahui, di Distrik Baya Biru terdapat beberapa lokasi penambangan di antaranya lokasi 99, 45 dan 81.

(fca/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT