Pedih Hidup Mbah Mujanah, Bertahan Hidup dari Ikan Asin di Masa Tua

ADVERTISEMENT

Pedih Hidup Mbah Mujanah, Bertahan Hidup dari Ikan Asin di Masa Tua

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 20 Mar 2022 16:57 WIB
Mbah Mujanah
Mbah Mujanah / Foto: berbuatbaik.id
Jakarta -

Siang sudah menjelang, tetapi lembaran ikan asin yang dijajakan Mbah Mujanah (72) masih bertumpuk, tanda masih belum laku terbeli. Hanya pasrah yang jadi pilihan Mbah Mujanah hingga dirinya pun memutuskan pulang ke rumah di permukiman nelayan, Desa Purworejo, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Belum usai kesedihan karena dagangan tak laku, Mbah Mujanah harus melihat rumahnya terendam banjir rob. Kondisi rumah yang hanya berukuran 5x5 meter berupa tumpukan kayu dan bambu itu sama pasrahnya dengan Mbah Mujanah, terus menerus diterjang banjir rob.

Dia dan anak serta cucu yang tinggal di sana pun merasa tak nyaman lagi hidup di rumah itu. Tapi apa mau dikata, anak Mbah Mujanah hanya seorang nelayan sehingga dirinya pun tetap harus bekerja sebagai penjual ikan asin di masa tuanya.

"Mengeluhnya ke Tuhan. Semoga dikasih sehat, bisa bekerja untuk kasih makan anak-anak. Pengennya punya rumah sendiri, tidur di kasur empuk kalau punya uang. Tapi gak punya uang," ucapnya sedih kepada tim berbuatbaik.id CTARSA Foundation.

Mbah MujanahRumah Mbah Mujanah Foto: berbuatbaik.id

Setiap hari, Mbah Mujanah membeli ikan di pasar lelang ikan. Selepas itu, Mbah Mujanah dengan cekatan membersihkan ikan tersebut dan menjemurnya. Ikan ini nantinya dia jual Rp 25-30 ribu per kilo dan dia hanya mendapatkan keuntungan Rp 5 ribu saja.

Jika hujan datang, Mbah Mujanah khawatir. Bukan hanya karena ikan asinnya tak kering, tetapi juga kondisi anaknya yang tengah melaut. Apalagi banyak cerita nelayan hilang saat hujan badai menerjang.

"Iya kalau tidak disyukuri, bagaimana lagi. Mau marah, marah dengan siapa. Semua yang memberi Tuhan, kaya miskin semua Tuhan yang mengatur. Berdoa semoga diberi kesehatan, kekuatan, rezeki. Rezeki selalu datang dari mana saja," sambungnya.

Mbah MujanahMbah Mujanah Foto: berbuatbaik.id

Asa Mbah Mujanah bisa datang dari sahabat baik. Beri Mbah Mujanah kekuatan untuk terus berjuang untuk keluarganya. Yuk donasi sekarang untuk hidup Mbah Mujanah lebih baik. Donasi dapat disalurkan lewat berbuatbaik.id CTARSA Foundation dengan klik LINK BERIKUT INI.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

(imk/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT