ADVERTISEMENT

Nasihat Hangat dari Ma'ruf untuk Pernikahan Putri Tanjung-Guinandra

Yulida Medistiara - detikNews
Minggu, 20 Mar 2022 10:22 WIB
Acara akad nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo
Putri Tanjung menikah (Dok. Transmedia)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan nasihat pernikahan kepada Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo. Ma'ruf Amin memberi pesan kepada kedua mempelai untuk saling menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing.

"Yang utama dulu luruskan niat dulu kalian untuk menikah ini, supaya niatnya nikahnya berpahala, sebab dalam Islam banyak amalan kelihatannya amal duniawi, tapi dia menjadi amal akhirat, dia berpahala, termasuk nikah, bisa melakukan mencari rezeki, berjuang menjalani kegiatan sosial, politik , ekonomi, kalau dengan niat yang baik maka dia menjadi amal akherat dan berpahala," kata Ma'ruf Amin saat memberikan nasihat dalam pernikahan Putri Tanjung dan Guinandra di kediaman Chairul Tanjung, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/3/2022).

Ma'ruf Amin juga memberikan nasihat kepada pengantin lama, apabila sebelumnya niat pernikahannya belum benar, mereka diminta memperbaiki niatnya agar diberi keberkahan.

Selain itu, kepada kedua mempelai, Putri Tanjung dan Guinandra, Ma'ruf Amin berpesan agar keduanya menerima segala kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ma'ruf lalu mencontohkan ada perempuan yang pendiam, ada pula yang banyak bicara, bahkan seperti 'petasan'. Oleh karena itu, Ma'ruf Amin berpesan, walaupun kekurangan dan kelebihan itu ada pada tiap pasangan, harus diterima dengan baik.

"Terimalah suami Anda segala kekurangan dan kelebihan. Istri yang sempurna tanpa cacat, tidak ada, pasti ada sesuatu yang kita sukai, tapi ada sesuatu yang nyebelin. Waktu kita sebel lihat yang kita sukai, sehingga imbang, itu tuntutan Nabi begitu," kata Ma'ruf.

"Perempuan itu ada yang kalau ngomong yang susah seminggu sekali nggak bunyi, tapi ada perempuan yang kalau ngomong kayak petasan, (hadirin tertawa), tidak sama, tidak sama. Terimalah apa yang kayak petasan, atau apa yang kayak malaikat Malik, malaikat Malik itu malaikat yang tidak pernah senyum. Terima," kata Ma'ruf, diikuti tawa hadirin.

Ketiga, Ma'ruf Amin memberi nasihat agar kedua mempelai Putri Tanjung dan Guinandra menjadikan rumah tangganya sakinah, mawaddah, warohmah, atau saling mencintai, saling memberi kasih sayang, dan saling pengertian. Kalau di dalam rumah tangga ada saling pengertian, kata Ma'ruf, tidak akan ada konflik.

"Ini bukan hanya untuk rumah tangga, untuk kita bermasyarakat, berbangsa, yang namanya mawaddah saling mencintai, saling menyayangi, dan saling pengertian pasti tidak akan konflik," kata Ma'ruf.

"Ini kunci di dalam kita berumah tangga, berbangsa dan bernegara, mudah-mudahan Ananda kalian berdua diberikan keharmonisan dalam rumah tangga, dipanjangkan umurnya, jodohnya, diberkati," imbuhnya.

Simak Video 'AHY hingga Erick Thohir Hadir di Acara Pernikahan Putri Tanjung':

[Gambas:Video 20detik]

(yld/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT