ADVERTISEMENT

Jelang MotoGP Mandalika, Jalanan Menuju Sirkuit Padat Merayap

Faruk Nickyrawi - detikNews
Minggu, 20 Mar 2022 09:13 WIB
Pantauan jelang MotoGP Mandalika (Faruk/detikcom).
Foto: Pantauan jelang MotoGP Mandalika (Faruk/detikcom).
Lombok -

Balapan MotoGP perdana di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit akan digelar siang ini. Jelang balapan perdana MotoGP Mandalika, jalanan menuju sirkuit balap terpantau padat merayap.

Pantauan detikcom pukul 09.00 WITA, kemacetan terlihat mulai dari di Bundara Bandara Lombok hinga di Batu Jai, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Minggu (20/3/2022).

Kendaraan yang akan menuju sirkuit Mandalika padat merayap. Seorang warga menuturkan kemacetan disebabkan kecelakaan beruntun kendaraan di Jalan Desa Anyer Segale Kecamatan Pujut Lombok Barat.

"Kecelakaan beruntun terjadi di Bay Pass Mandalika tepatnya di terowongan satu di Desa Segale Anyer. Tapi sekarang sudah ditangani polisi," kata salah seorang warga, Chien.

Para pengendara yang melintas harus sabar akibat kemacetan ini. Petugas gabungan pun terpantau mengatur lalu lintas yang padat.

Diketahui, warga membeludak ke sirkuit Mandalika karena ingin menyaksikan race perdana MotoGP Mandalika yang bakal dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Modifikasi Cuaca

Penyelenggara MotoGP mengupayakan sedemikian rupa agar tak terjadi cuaca buruk di Sirkuit Mandalika. Modifikasi cuaca dan pawang hujan menjadi solusinya.

Awalnya, modifikasi cuaca dibeberkan oleh Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri rapat kerja Komisi X di kompleks MPR/DPR pada Rabu (16/3/2022). Modifikasi cuaca ini melibatkan beberapa lembaga seperti BRIN hingga TNI AU.

"Jadi memang ini yang terus kita upayakan dengan TMC, Pak. Namanya teknologi modifikasi cuaca. Jadi melibatkan BRIN, BMKG, dan TNI AU kita harapkan bisa membantu memitigasi situasi," ujar Sandiaga.

Guna memaksimalkan terwujudnya cuaca yang cerah saat MotoGP Mandalika, pawang hujan juga dihadirkan. Pawang itu bernama Rara Isti Wulandari.

Diketahui, Rara pernah menjadi pawang hujan untuk acara Opening Asian Games 2018. Mengenakan baju warna hitam dan helm proyek, Rara tampak melakukan aksi ritualnya dalam mengusir cuaca buruk.

Pada aksinya, terlihat sesajen berada di sekitar Rara yang duduk di pinggir sirkuit. Selain itu, Rara juga melakukan aksi membawa mangkuk sambil menengadah ke arah langit.

Simak Video 'Jelang Race MotoGP Mandalika, Penonton Mulai Berdatangan':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT