Menakar Efek Kepindahan Sahrul Gunawan ke Golkar di Jawa Barat

ADVERTISEMENT

Menakar Efek Kepindahan Sahrul Gunawan ke Golkar di Jawa Barat

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 19 Mar 2022 06:17 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan
Sahrul Gunawan (kanan) (Foto: istimewa)
Jakarta -

Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan pindah dari Partai Nasdem ke Partai Golkar. Akan kah kepindahan Sahrul Gunawan ke Golkar bisa memberi efek pada raihan suara partai?

Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, mengatakan Sahrul Gunawan bisa saja membuat tingkat keterpilihan Golkar naik. Menurutnya, Golkar tidak punya tokoh sentral.

"Bisa saja tingkat keterpilihan Golkar naik karena Sahrul. Karena Golkar ini tergantung tokohnya untuk naik elektabilitas, mereka tidak punya tokoh sentral," ucap Hendri kepada wartawan, Jumat (18/2/2022).

"Beda dengan Megawati di PDIP, Prabowo di Gerindra, SBY di Demokrat," katanya.

Dia mengatakan setiap kader Golkar selama ini berjuang untuk partai, bukan diri sendiri. Dia menilai popularitas Sahrul Gunawan sebagai artis bisa membantu menambah elektabilitas Golkar.

"Golkar ini setiap orang, setiap kader, tokoh, caleh, berjuag bukan hanya untuk dirinya, tapi untuk Golkar," katanya.

"Popularitas, itu kekuatan dia," kata Hendri.

Akademisi Departemen Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) Aditya Perdana juga menilai figur populer bisa menambah elektabilitas partai. Dia menyebut Sahrul Gunawan punya potensi untuk hal itu.

"Peluang besar. Figur populer bisa naik atau bagus dan punya potensi untuk itu," kata Aditya.

Menurut Aditya, partai pasti memperhitungkan kenaikan suara melalui tokoh-tokoh populer yang diusung. Dia menyebut partai-partai pasti telah bergerak menjaring tokoh yang mau diusung pada Pemilu 2024.

"Konsepya, coattail effect. Bahwa dia perhitungkan potensi kenaikkan suara berasal dari tokoh. Partai saat ini, tergantung dengan tokoh yang diusung. Hitungannya masuk akal. Ketika figur populer atau artis (masuk atau diusung partai). Figur di Jawa Barat, rata-rata artis yang potensial," katanya.

Simak video 'Sahrul Gunawan Hengkang ke Golkar, Apa Kata NasDem?':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT