Sekjen Kemnaker Lantik 37 CPNS, Ingatkan soal Integritas & Kompetensi

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 18 Mar 2022 22:00 WIB
Anwar Sanusi
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi melantik 37 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dalam arahannya, Anwar mengingatkan kepada para CPNS yang baru dilantik tentang pentingnya integritas dan kompetensi.

Anwar mengatakan yang pertama yaitu integritas. Sejak dinyatakan lulus, CPNS harus menjalani diklat dan dalam program tersebut CPNS mempelajari beberapa hal, termasuk nilai-nilai dasar PNS.

Nilai-nilai dasar PNS yang dimaksud, yaitu ANEKA, sebuah singkatan dari Akuntabilitas PNS, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi.

"ANEKA ini adalah sebuah ringkasan untuk menjelaskan apa itu integritas," ungkap Anwar dalam keterangan tertulis, Jumat (18/3/2022).

Kedua, kompetensi. Ia mendorong CPNS agar menjadi aparatur negara yang berkompeten, yakni profesional di bidangnya. Sedangkan untuk mewujudkannya, ia meminta para CPNS agar terus belajar, baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal.

Menurutnya, paradigma pimpinan tidak pernah salah merupakan paradigma masa lalu dan tidak lagi relevan. Pimpinan disebutnya bisa salah dan pegawainya bisa benar.

"Oleh karena itu, mari kita ciptakan semua iklim pembelajaran. Kita saling belajar. Kita saling mencari ilmu dari siapa pun," jelasnya.

Sebagai informasi, 37 CPNS tersebut berada di lingkungan BPVP Sidoarjo, Banyuwangi, Lombok Timur, Lembang, BBPVP Bandung, dan BBPKK Lembang. Dalam kesempatan itu, Anwar melakukan pelantikan di Gedung BPVP Sidoarjo, Jawa Timur.

(fhs/ega)