ADVERTISEMENT

Gus Mus: Sebaiknya Tak Semua Masjid Dipakai Jumatan

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 17 Mar 2022 16:14 WIB
Gus Mus di peresmian masjid joglo Ponpes Al-Muayyad Windan, 17/3/2022
Gus Mus di peresmian masjid joglo Ponpes Al-Muayyad Windan (Muchus Budi R/detikJateng)
Jakarta -

Kiai sepuh yang juga mustasyar PBNU KHA Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus menyarankan tidak semua masjid dipakai untuk Jumatan. Gus Mus mengatakan saat ini terjadi salah kaprah tentang lokasi masjid yang dipakai untuk Jumat. Menurutnya ada makna yang lebih penting dalam salat Jumat.

Hal tersebut disampaikan Gus Mus dalam peresmian masjid joglo di Ponpes Mahasiswa Al-Muayyad Windan, Kartasura, Sukoharjo, Kamis (17/3/2002). Sebelumnya, saat memberikan tausiah, Gus Mus menyarankan agar Masjid Joglo di Ponpes Al-Muayyad tersebut dimanfaatkan secara maksimal untuk ngaji, iktikaf, salat wajib berjemaah, salat tarawih, tapi sebaiknya tidak dipakai untuk Jumatan.

"Memang sebaiknya tidak semua masjid itu dipakai untuk Jumatan," kata Gus Mus seperti dilansir detikJateng, Kamis (17/3/2022).

Gus Mus lalu mencontohkan, di masa Nabi, sudah banyak masjid didirikan di Kota Madinah. Tujuannya memberi tempat bagi warga sekitar hunian itu jika akan melaksanakan salat wajib berjemaah. Namun ketika salat Jumat, semua berkumpul di Masjid Nabawi.

"Dulu juga sudah ada masjid di dekat kediaman Sayidina Abu Bakar, dekat kediaman Sayidina Umar dan sebagainya. Namun kalau melaksanakan salat Jumat, semua berkumpul di Masjid Nabawi bersama Kanjeng Nabi," papar Gus Mus.

Simak selengkapnya di sini.

Lihat juga video 'Polemik Toa Masjid, PA 212 Nilai Menag Lakukan Kecerobohan Fatal':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT