Pemeriksaan Rizky Febian Tak Bahas Pengembalian Rp 400 Juta Doni Salmanan

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 17 Mar 2022 11:16 WIB
Rizky Febian saat tiba di Bareskrim.
Rizky Febian tiba di Bareskrim Polri untuk diperiksa terkait kasus Doni Salmanan, Rabu (16/3/2022).. (Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Penyanyi Rizky Febian telah menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri terkait uang Rp 400 juta dari Doni Salmanan. Kuasa hukum Rizky Febian, Ahmad Ramzey, menyebut kliennya tidak disinggung polisi soal pengembalian uang dari Doni Salmanan itu.

"Tidak ada ke sana (soal kembalikan uang Rp 400 juta). Karena semuanya sudah kita sampaikan ke penyidik. Jadi nanti penyidik yang akan menyimpulkan seperti apa," ujar Ramzey kepada wartawan, Kamis (17/3/2022).

Ramzey menjelaskan Rizky Febian akan mengembalikan uang itu apabila diminta. Dia menyebut hal ini menjadi pembelajaran bagi Rizky Febian.

"Kita siap (jika diminta kembalikan uang). Semua sudah kita jelaskan semua. Pasti, pasti (lebih berhati-hati). Semua setiap itu ada pembelajarannya," tuturnya.

Rp 400 Juta Digunakan untuk Donasi

Kemudian, Rizky Febian angkat bicara mengenai uang Rp 400 juta dari Doni Salmanan. Rizky mengaku tidak menggunakan uang tersebut untuk kepentingan pribadi, melainkan donasi.

"Kan sudah tahu beritanya juga, udah ke mana-mana. Kalau misalnya itu (uang Rp 400 juta) saya lakukan itu untuk donasi untuk yayasan, saat itu juga," kata Rizky Febian.

Rizky Febian mengatakan juga tidak tahu uang itu ternyata diduga berasal dari hasil kejahatan saat itu. Dia menyatakan akan menjadikan ini sebagai pelajaran ke depannya.

"Waktu itu saya juga tidak tahu-menahu juga kan. Maksudnya biarkan ini jadi pelajaran buat saya ke depannya," imbuhnya.

Bareskrim Periksa Rizky Febian

Sebelumnya, Rizky Febian telah diperiksa Bareskrim Polri terkait kasus platform Quotex dengan tersangka Doni Salmanan. Rizky Febian dicecar penyidik dengan 19 pertanyaan dan mengaku tenang menjalani pemeriksaan.

"Saya mah santai-santai saja padahal. Saya cuma ikuti panggilan, laporan. Toh, saya ingin cari kebenaran. Yang terpenting ke depannya saya jadi lebih tahu buat hidup saya. Saya diberi 19 pertanyaan," ujar Rizky Febian di Bareskrim Polri, Rabu (16/3).

Rizky menjelaskan dirinya mencoba menjawab pertanyaan penyidik secara jujur. Dia juga mengungkapkan uang Rp 400 juta yang diterima dari Doni Salmanan digunakan untuk donasi.

"Saya mencoba untuk jujur apa pun itu dan serahkan semua kepada yang di atas. Karena kan mungkin sudah tahu, beritanya sudah ke mana-mana. Itu saya lakukan untuk donasi, untuk yayasan saya itu. Waktu itu saya tidak tahu menahu. Biarkan ini jadi pelajaran buat saya," tuturnya.

Simak Video 'Rizky Febian hingga Reza Arap yang Terseret Kasus Doni Salmanan':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/aud)