Narasi Terkait Organisasi dr Sunardi Bikin Fadli Zon Beri Klarifikasi

ADVERTISEMENT

Narasi Terkait Organisasi dr Sunardi Bikin Fadli Zon Beri Klarifikasi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Mar 2022 06:31 WIB
Politikus senior PAN Amien Rais bertandang ke gedung DPR. Dia menjadi pembicara dalam sebuah diskusi tentang DPT Pemilu 2019.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Narasi terkait organisasi tersangka teroris dr Sunardi membuat anggota DPR RI Fadli Zon memberi klarifikasi. Duduk perkaranya gara-gara foto lama Fadli Zon.

Dirangkum detikcom, Kamis (16/3/2022), Polri mengungkap dokter Sunardi tersangka teroris, yang tewas ditembak di Sukaharjo, Jawa Tengah (Jateng), merupakan anggota Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI). HASI merupakan organisasi sayap dari jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI).

Dikutip dari laman PBB, HASI adalah organisasi sayap bidang kemanusiaan dari JI. Tercatat, sejak tahun 2011 HASI sudah beroperasi sebagai lembaga swadaya masyarakat di Indonesia. Meskipun tidak begitu menampakkan kegiatannya di bidang amal, namun HASI menyalahgunakan pengumpulan dana amal itu untuk menyokong kegiatan JI yakni kegiatan kekerasan yang dilakukan oleh para teroris JI, dari biaya operasional hingga logistik.

Sejak pertengahan 2013, HASI telah terlibat dalam sejumlah kegiatan untuk mendukung perekrutan dan perjalanan pejuang teroris asing JI ke Suriah. Pengerahan teroris ke Suriah ini termasuk anggota JI yang dikirim untuk pelatihan militer dan bergabung dengan pejuang Suriah.

Dalam beberapa contoh, HASI mendukung perjalanan pejabat JI, termasuk pemimpin senior JI Bambang Sukirno dan operator JI Angga Dimas Pershada ke Suriah. Salah satu pengerahan HASI ke Suriah terjadi pada Mei 2014.

JI telah memanfaatkan HASI untuk mengumpulkan dana. Pada 2013, anggota HASI berpartisipasi dalam beberapa penggalangan dana dengan JI di Indonesia. HASI bisa mengumpulkan dana hingga puluhan ribu dolar. Selain itu, para petinggi JI telah mendorong para pengikutnya untuk memberikan dukungan material bagi pertempuran di Suriah, termasuk dengan memberikan sumbangan kepada HASI.

HASI juga memiliki ikatan dengan Front Al-Nusrah Umat Syam. Al-Nusra sendiri merupakan bagian dari front Al-Qaeda.

HASI, yang artinya 'Masyarakat Bulan Sabit Merah Indonesia' tidak berafiliasi dengan kelompok kemanusiaan International Federation of the Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC).

Lalu, bagaimana cerita Fadli Zon dikait-kaitkan dengan HASI? Simak di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Komnas HAM Putar Video Detik-detik Penangkapan Teroris Dokter Sunardi':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT