ADVERTISEMENT

Gus Choi Usul Desain Logo Halal Baru Diganti: Tulisan Harus Lebih Jelas

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Mar 2022 03:29 WIB
Effendy Choirie atau Gus Choi.
Foto: Effendy Choirie atau Gus Choi (dok. pribadi)
Jakarta -

Elite Partai NasDem Effendy Choirie mengomentari polemik desain label halal baru yang ditetapkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag. Politikus yang kerap disapa Gus Choi itu mengusulkan agar desain logo halal baru diganti agar lebih terbaca.

"Terkait dengan logo halal itu kan sederhana. Kalau logonya kurang bagus, kurang manis, ya diubah sajalah. Kan gampang saja," kata Gus Choi dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/3/2022).

Gus Choi menyarankan agar desain logo halal yang baru diganti sesuai keinginan publik. Ketua Teritorial Pemenang Pemilu Jawa 1 DPP NasDem itu menilai desain logo halal baru perlu diubah untuk meredam polemik.

"Supaya tidak terjadi kontroversi, diubah saja sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada, dan sesuai dengan aturan serta keinginan publik. Tulisan halalnya yang lebih jelas lagi," ujar Gus Choi.

Selain itu, Gus Choi juga mengomentari perihal peralihan kewenangan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke BPJPH. Politisi yang juga kader Nahdlatul Ulama (NU) itu mendukung peralihan kewenangan sertifikasi halal tersebut.

"MUI itu bukan lembaga negara, maka urusan perhalalan dalam hal ini harus diurus negara, bukan swasta. Nah, perpindahan itu sudah baik," katanya.


Gus Choi berharap peralihan kewenangan sertifikasi halal dapat diterima oleh semua pihak tanpa terkecuali. Mantan politisi PKB itu menilai aturan soal peralihan kewenangan sertifikasi halal juga perlu diperjelas.

"Ada masa transisi dari MUI ke Menag ini perlu juga dituntaskan. Intinya, soal kewenangan diselesaikanlah di antara mereka. Kalau UU-nya masih remang-remang diperjelas dengan kesepakatan," pungkas Gus Choi.

Seperti diketahui, desain label halal baru yang ditetapkan BPJPH menuai sorotan. Ada yang menyebut desain label halal yang baru tak sesuai dengan pembicaraan antara Kemenag dengan MUI.

Penetapan label halal baru dituangkan dalam Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 tentang Penetapan Label Halal. Keputusan tersebut ditetapkan di Jakarta pada Kamis (10/2), ditandatangani Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham. Desain label halal tersebut berlaku efektif sejak 1 Maret 2022.

Simak Video 'PPP Soal Logo Halal Mirip Gunungan Wayang: Itu Model Kaligrafi Apa?:

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT