Luhut: Pasien Komorbid dan Lansia Segera Dirawat di RS Bila Kena Corona

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 14 Mar 2022 17:37 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden)
Foto: Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta pasien COVID-19 yang memiliki komorbid dan lansia segera dirawat di rumah sakit. Hal itu perlu dilakukan agar pasien tersebut dapat segera ditangani dengan baik.

"Saya mengingatkan bagi masyarakat yang memiliki komorbid atau lansia segera dirawat di rumah sakit jika positif COVID-19. Buat semua teman-temang punya komorbid bila kena COVID segera dirawat di rumah sakit," kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (14/3/2022).

Luhut pun membeberkan faktor yang menyebabkan pasien COVID-19 menjadi meninggal dunia. Menurut Luhut, penyebabnya adalah karena pasien tersebut belum mendapatkan suntikan vaksin dosis lengkap dan juga memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

"Penyebabnya masih sama dengan sebelumnya yakni banyaknya pasien COVID-19 yang memiliki komorbid dan belum melakukan vaksinasi lengkap," ucapnya.

Luhut juga menyampaikan kabar baik terkait COVID-19 di Tanah Air. Dia mengatakan kasus konfirmasi positif COVID-19 di RI terus mengalami penurunan dan kasus kesembuhan meningkat signifikan.

"Hari ini misalnya jumlah kasus telah berada di bawah 10 ribu. Sementara jumlah kesembuhan lebih lebih dari 39 ribu. Hal tersebut sejalan dengan penurunan kasus dan rawat inap di seluruh wilayah provinsi Jawa dan Bali yang begitu signifikan," imbuhnya.

(fas/dhn)