Kebocoran Gas Beracun di Dieng Tewaskan 1 Pekerja

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 13 Mar 2022 12:23 WIB
Polres Banjarnegara saat melihat lokasi pipa bocor di pengeboran sumur PAD 28 Geodipa Energi Desa Karangtengah Kecamatan Batur, Banjarnegara, Minggu (13/3/2022).
Lokasi pipa bocor di pengeboran sumur PAD 28 Geo Dipa Energi. (dok Humas Polres Banjarnegara)
Jakarta -

Kecelakaan kerja terjadi di pengeboran sumur PAD 28 Geo Dipa Energi Dieng, Jawa Tengah. Kecelakaan itu mengakibatkan seorang pekerja tewas dan delapan orang lainnya dirawat di rumah sakit akibat keracunan gas yang bocor dari sumur PAD28 Geo Dipa.

Dilansir dari detikJateng, Minggu (13/3/2022), peristiwa itu terjadi pada Sabtu (12/3) pukul 14.55 WIB ketika adanya kegiatan quenching sumur. Salah seorang pekerja yang merupakan pelaksana pekerjaan workover berinisiatif memeriksa relief valve di mud pump-1 yang terbuka secara otomatis.

Setelah memeriksa relief valve itu, seorang pekerja itu langsung pingsan dan dibawa ke Puskesmas Kejajar 1 Wonosobo. Pekerja itu kemudian dinyatakan meninggal dunia karena diduga terpapar gas beracun.

"Kemudian pekerja tersebut terjatuh pingsan dan dievakuasi ke Puskesmas Kejajar 1 Wonosobo. Diduga korban terpapar gas beracun yang keluar bersama dengan air saat relief valve terbuka otomatis," kata PT Geo Dipa dalam keterangan tertulis.

Terpisah, Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto mengungkap untuk korban selamat saat ini masih dirawat intensif di rumah sakit. Hendri menyebut dua dari delapan korban selamat kini sudah sadarkan diri.

Hendri menyebut pihaknya telah memasang garis polisi agar warga tidak mendekat ke tempat kejadian.

Baca artikel selengkapnya di sini.

Simak juga 'Puting Beliung Rusak Belasan Rumah di Kabupaten Bandung':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/imk)